Menko Luhut Bantah Tudingan Belum Lapor Harta Kekayaan ke KPK

Rabu, 17 April 2019 14:50 Reporter : Merdeka
Menko Luhut Bantah Tudingan Belum Lapor Harta Kekayaan ke KPK Luhut. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menampik anggapan bahwa dirinya belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2018 kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) sempat merilis adanya beberapa menteri yang belum melaporkan harta kekayaannya, termasuk Luhut Binsar Pandjaitan.

"Saya sudah lapor kok. Saya lapor terus kok, tidak ada yang ditutupin. Buat apa ditutupin," ungkap Luhut di Kuningan, Jakarta, Rabu (17/4).

Dia menyatakan, telah meminta kepada stafnya untuk mengurus pelaporan tersebut. "Mestinya sih sudah. Staf saya yang urusin. Saya tidak ngurusin lagi tuh. Saya suruh wajib hukumnya untuk melaporkan," tegasnya.

Dalam pelaporan LHKPN pada 2015, Luhut sempat menjadi salah satu menteri tertajir dengan total kekayaan mencapai Rp 660 miliar. Angka itu melampaui kepemilikan harta beberapa menteri lain semisal Menkopolhukam Wiranto (Rp 470,5 miliar) dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Rp 330,8 miliar).

Luhut mengatakan, jumlah kekayaannya bertambah banyak lantaran usaha bisnis diluar jabatan menteri yang digelutinya terus berkembang, semisal PT Toba Bara Sejahtera.

"Saya nggak ada lagi bisnis yang baru. Jadi, selama 4,5 tahun saya di pemerintahan saya nggak ada satu pun bisnis lain. Saya bayar pajaknya, tax amnesty juga saya ikutin," ujar dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini