Menko Luhut Ancam Boikot Produk Eropa di RI, Dari Kendaraan Hingga Pesawat

Rabu, 20 Maret 2019 15:20 Reporter : Merdeka
Menko Luhut Ancam Boikot Produk Eropa di RI, Dari Kendaraan Hingga Pesawat Luhut Pandjaitan. ©2018 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK mengancam akan melakukan pemboikotan produk Eropa yang beredar di Indonesia. Kebijakan ini merupakan dampak dari kebijakan diskriminasi Uni Eropa terhadap minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO) Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, sawit dan produk turunannya merupakan komoditi andalan nasional, selain menghasilkan devisa juga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah penghasil. Oleh karena itu itu, rancangan kebijakan diskriminatif terhadap produk turunannya industrial sawit akan berdampak pada rakyat secil.

"Ini berdampak ke petani kecil yang jadi konsen Presiden. Kalau kami tidak membela rakyat kecil kami bela siapa?. Ini menurunkan kemiskinan," kata Luhut di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (20/3).

Menurut Luhut, jika rancangan kebijakan diskriminasi terhadap produk sawit tidak bisa ditawar, pemerintah pun sudah menyiapkan langkah untuk memboikot produk Eropa yang ada di Indonesia. Baik produk konsumsi hingga produk besar seperti kendaraan dan pesawat udara.

"Kalau begini banyak juga produk Eropa di Indoensia, yang jadi masalah kami banyak pakai bus truck Scania, kami juga sedang rapat pakai kereta Polandia," tuturnya.

Luhut pun menegaskan, Indonesia adalah negara besar yang perekonomiannya sedang baik, pemerintah pun tidak mau didikte untuk mengikuti kebijakan Uni Eropa terhadap minyak sawit.

"Kita lihat nanti kita tidak mau didikte siapapun, kita bangsa besar apalagi sudah menyangkut rakyat kecil," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini