Menko Luhut: 12 Kabupaten/Kota Sudah Bisa PPKM Level 3, 1 Kabupaten Level 2

Senin, 2 Agustus 2021 20:19 Reporter : Merdeka
Menko Luhut: 12 Kabupaten/Kota Sudah Bisa PPKM Level 3, 1 Kabupaten Level 2 Menko Luhut kunjungi rumah oksigen di Pulo Gadung. ©Kemenko Marves

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah akan terus melanjutkan penerapan PPKM level 3 dan 4 di sejumlah kabupaten/kota pada 3-9 Agustus 2021. Dalam penerapan PPKM level 3 dan 4 yang akan dilakukan pada 3 Agustus nanti, Menko Luhut menyebutkan, terdapat 12 kabupaten/kota yang masuk ke level 3, dan satu kabupaten masuk level 2.

"Namun terdapat beberapa kabupaten kota yang akhirnya harus kembali ke level 4. Bukan karena peningkatan kasus, tetap lebih kepada peningkatan kasus kematian," ujar Menko Luhut, Senin (2/8).

Menko Luhut menyatakan, detil kabupaten/kota mana saja yang masuk dalam PPKM level 3 dan 4 nantinya akan dikeluarkan instruksi Mendagri dalam waktu dekat ini.

Menurut dia, masih ada beberapa daerah yang memang dibutuhkan perhatian khusus karena masih tingginya kasus terkonfirmasi positif, positivity rate, dan juga jumlah kematian warganya.

"Seperti Bali, Malang Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan juga Solo Raya. Tapi ini semua daerah sudah kita tangani, dan minggu ini mustinya kita lihat angkanya membaik," paparnya.

Berkat angka yang sudah sedikit membaik tersebut, Menko Luhut sangat yakin kondisi dalam 1-2 pekan ke depan akan membaik.

"Hal ini terjadi karena masih banyaknya masyarakat yang melakukan isolasi mandiri, sehingga kelak dilakukan perawatan intensif di rumah sakit, yang akibatnya menyebabkan kematian karena saturasi oksigen rata-rata di bawah 90," tuturnya.

2 dari 2 halaman

PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 9 Agustus

4 diperpanjang sampai 9 agustus rev1

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Terhitung sejak 3 Agustus hingga 9 Agustus 2021.

"Pemerintah memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3-9 Agustus di beberapa kab/kota tertentu, dengan penyesuaian dan mobilitas kondisi masing-masing daerah," ungkap Jokowi dalam konferensi pers, Senin (2/8).

Keputusan memperpanjang PPKM level 4 setelah melihat hasil kebijakan serupa di sepanjang 26 Juli-2 Agustus 2021.

Sepanjang pemberlakuan PPKM Level 4 sebelumnya, Jokowi menilai ada kebaikan dalam skala nasional dibandingkan sebelumnya. Mulai dari konfirmasi harian, tingkat kesembuhan hingga presentase BOR.

"PPKM Level 4 diberlakukan 26 Juli-2 Agustus telah membawa kebaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya. Baik dalam konfirmasi harian, tingkat kesembuhan, dan presentase BOR," ungkapnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Menko Luhut Klaim Kasus Harian Covid-19 Turun 50 Persen Sejak Berlaku PPKM Level 4
PPKM Level 4 Diperpanjang, Wagub DKI Harap Kasus Covid-19 Semakin Turun Signifikan
PPKM Level 4 Diperpanjang, RI Bisa Jaga Pertumbuhan Ekonomi Lewat Ekspor
HIPMI: Perpanjangan PPKM Level 4 Kurang Ideal
PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 9 Agustus, Jokowi Waspadai Dampak ke Ekonomi
Pemprov DKI Pertimbangkan Buka Kegiatan Masyarakat Secara Bertahap
Wagub DKI Dapat Info Ada Sekolah Gelar Tatap Muka di Masa PPKM Level 4

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini