Menko Darmin Yakin Tol Langit dengan Satelit SATRIA Bakal Tekan Harga Komoditas

Jumat, 3 Mei 2019 14:50 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menko Darmin Yakin Tol Langit dengan Satelit SATRIA Bakal Tekan Harga Komoditas Darmin Nasution. ©Humas Kemenko Perekonomian

Merdeka.com - Pemerintah menandatangani perjanjian kerja sama, perjanjian penjaminan, dan perjanjian regres proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) pada Proyek Satelit Multifungsi (SMF). Satelit yang dinamai Satelit Republik Indonesia (SATRIA) senilai Rp 21,4 triliun ini akan mulai dikonstruksi pada akhir 2019 oleh manufaktur satelit asal Perancis, Thales Alenia Space.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, pembangunan satelit ini mampu memutus rantai pasar yang selama ini membuat harga komoditas di seluruh Indonesia tidak merata. Keberadaan satelit ini diyakini mampu menurunkan biaya operasional.

"Pembangunan infrastruktur teknologi (satelit) yang kata orang tol langit, menciptakan ekonomi untuk masyarakat kita sendiri," kata dia dalam acara penandatanganan kerjasama satelit di Museum Nasional, Jakarta, Jumat (3/5).

Menko Darmin mengatakan, proyek SMF ini merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018.

"Saya yakin, membangun infrastruktur itu artinya menanam modal yang beberapa tahun mendatang akan mendukung penciptaan kegiatan ekonomi yang lebih baik di masyarakat kita," jelasnya.

Dampak proyek SATRIA terhadap perekonomian juga akan dapat dirasakan melalui peningkatan online link dan jaringan komunikasi secara signifikan untuk UKM Transactional Center, proses e-Office, menurunkan biaya operasional, serta mempercepat dan memperbaiki layanan.

Selain itu, satelit juga akan dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah dalam memberikan jasa keuangan, informasi pasar, bisnis, dan kegiatan lainnya yang akan secara nyata mendorong perekonomian regional dan nasional. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini