Menko Darmin: Sulit Sediakan Tiket Pesawat Murah Seminggu Penuh

Jumat, 2 Agustus 2019 14:13 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menko Darmin: Sulit Sediakan Tiket Pesawat Murah Seminggu Penuh Darmin Nasution. ©2019 Humas Kemenko Perekonomian

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan sulit bagi maskapai untuk menyediakan tiket pesawat murah setiap hari atau seminggu penuh. Untuk diketahui, saat ini penerbangan murah hanya tersedia pada Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 10.00 sampai pukul 14.00 waktu setempat.

"Kalau full seminggu itu, yang sedang kita urusi, enggak bisa. Kalau dengan sekarang, kita perkiraannya berdarah darah ini (maskapai) nanti," ujar Menko Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (2/8).

Menko Darmin melanjutkan, ke depan pemerintah bakal mengkaji pos-pos pengeluaran maskapai yang masih bisa dihilangkan. Langkah ini nantinya akan berdampak pada harga tiket terjangkau untuk jangka panjang.

"Lebih baik kita benahi kita kurangi berbagai faktor yang sebenarnya masih bisa diturunkan. Masih banyak aspek yang bisa dikaji," jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, kenaikan harga tiket terjadi karena dalam kurun waktu empat tahun belakangan tidak ada pembaharuan harga oleh maskapai. Oleh karena itu, kenaikan mulai dilakukan sejak awal tahun.

"Artinya gini, emang betul harga tiket itu naik tinggi, tapi itu karena mereka terlalu sibuk tadinya memperebutkan pasar. 4 tahun dia enggak naik-naik kan. Tiba-tiba sekali naik banyak," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini