Menko Darmin soal LKPP 2016: WTP bukan berarti tak ada masalah

Jumat, 26 Mei 2017 12:54 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menko Darmin soal LKPP 2016: WTP bukan berarti tak ada masalah BPK serahkan LKPP. ©2017 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) di Kementerian dan Lembaga (K/L) keuangan dan perekonomian.

Adapun dari hasil pemeriksaan terhadap 13 lembaga tersebut, BPK menemukan adanya perbaikan dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban APBN sehingga memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan bahwa Opini WTP yang diberikan oleh BPK merupakan pencapaian yang luar biasa sejak 12 tahun.

"Untuk pertama kalinya terima opini wajar tanpa pengecualian," ungkapnya di Kantor BPK, Jakarta Pusat, Jumat (26/5).

Menko Darmin pun mengajak agar opini WTP dijadikan sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja. Dia juga meminta semua kementerian dan lembaga untuk memperhatikan catatan dan rekomendasi dari BPK.

"Opini terbaik (WTP), bukan berarti tidak ada masalah, lihat nanti apa saja yang jadi catatan dari BPK dalam laporan keuangan kita masing-masing. Catatan itu harus ditindaklanjuti," ujarnya.

"Menurut aturan 60 hari setelah kita terima (laporan dari BPK). Mari cermati satu-persatu masalah dalam laporan yang kita terima, sehingga setiap permasalahan dapat ditindaklanjuti sesuai rekomendasi bpk dalam laporan tersebut," pungkasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini