Menko Darmin soal IHSG tembus 6.355: Kepercayaan masyarakat ke pasar modal tinggi

Jumat, 29 Desember 2017 20:16 Reporter : Anggun P. Situmorang
Penutupan bursa saham 2017. ©2017 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pencapaian IHSG tembus ke level 6.355 poin merupakan salah satu bukti kepercayaan masyarakat terhadap pasar modal semakin tinggi. Sebab, pada kenyataannya tidak hanya IHSG yang terus meningkat, namun juga jumlah perusahaan yang melantai di bursa efek.

"Artinya dengan banyaknya yang go public tahun ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap pasar modal. Pasar modal salah satu alternatif pembiayaan selain bank, itu berarti orang percaya," ujar Menteri Darmin di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (29/12).

Meski demikian, mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut mengatakan jumlah perusahaan yang melantai di bursa efek masih perlu terus didorong. Ke depan, dia berharap, jumlah perusahaan yang melantai di bursa dapat mencapai 50 perusahaan.

"Artinya salah satu indikator penting dalam perkembangan pasar modal bukan hanya IHSG tapi juga jumlah yang IPO. Kalau yang IPO tidak tinggi atau banyak kenaikan indeks akibatnya adalah harga saham naik. Bagus sih buat perusahaan. Tapi kalau yang IPO lebih banyak, banyak investor yang nikmati tahun ini 37 IPO dan bagus. Kami harapkan tahun depan ya lebih dari itu, ya 50 itu bagus," jelasnya.

Menteri Darmin menambahkan, optimisme ini harus terus dipertahankan meskipun ke depan Indonesia akan menghadapi berbagai macam tantangan termasuk pemilihan kepala daerah 2018 dan pemilihan presiden pada 2019. Masyarakat diimbau tidak perlu takut menghadapi kedua penyelenggara tersebut akan berdampak pada ekonomi.

"Untuk optimisme, ini kita harus meyakinkan mereka supaya tidak pesimis. Selalu yang dibawa bawa ini tahun politik, hati hati. Tidak ada apa apa. Di dalam perpolitikan tidak ada sekutu strategis. Kalaupun nanti ada satu daerah yang agak ramai tidak akan menyulut ke daerah lain karena partainya lain lagi," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.