Menko Darmin Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2019 di Kisaran 5,1 Persen

Jumat, 26 April 2019 13:43 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menko Darmin Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2019 di Kisaran 5,1 Persen Darmin Nasution Soal Pertumbuhan Ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2019 bakal berada di atas 5,1 persen. Apabila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya hanya naik tipis dari sebesar 5,06.

"Mestinya dia (pertumbuhan ekonomi kuartal I-2019) akan di 5,1 persen atau di atas itu," kata Menko Darmin saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (26/4).

Menko Darmin menyebut salah satu alasan kenapa pertumbuhan ekonomi hanya naik tipis lantaran sumbangan di sektor pertanian masih rendah. Rendahnya sektor tersebut secara otomatis membuat konsumsi menjadi lesu.

"Liatnya mulai dari sektor namanya pertanian itu di kuartal-12019 mungkin belum banyak benar itu kan berakhir Maret. Sementara April puncaknya panen, jadi dari pertaniannya mungkin di tahun lalu kan agak melambat betul panennya," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, memprediksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5,2 persen di kuartal I tahun 2019. Konsumsi bakal menjadi faktor utama yang menopang pertumbuhan ekonomi.

"Kuartal I tahun 2019 ini (pertumbuhan ekonomi) bisa mencapai 5,2 persen," kata dia.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini