Menko Darmin Prediksi Inflasi November di Bawah 3 Persen

Senin, 3 Desember 2018 10:21 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menko Darmin Prediksi Inflasi November di Bawah 3 Persen Darmin Nasution. ©2018 Istimewa

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution memprediksi inflasi November di bawah 3 persen. Dengan demikian, inflasi tahunan diperkirakan sesuai target 3,5 plus minus 1 persen.

"Siang ini, November diumumkan BPS inflasi kita di sekitar 3 persen bisa kurang sedikit bisa lebih sedikit. Saya cenderung katakan kurang sedikit," ujarnya di Ritz Carlton, Jakarta, Senin (3/12).

Lebih lanjut Menko Darmin menjelaskan, di tengah gejolak ekonomi dunia yang cukup berat, ekonomi Indonesia mampu tetap bertahan. Secara kumulatif, tidak hanya inflasi yang terjaga tetapi juga pertumbuhan ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi dalam situasi gejolak ekonomi global itu, secara kumulatif kuartal III itu capai 5,17 persen lebih tinggi meski ada gejolak dan tekanan ekonomi global," jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, dengan adanya data-data ini maka stabilitas sosial ekonomi Indonesia terjaga. Baik dari tingkat pengangguran, kemiskinan, gini ratio serta indeks pembangunan manusia.

"Stabilitas kita terjaga kalau kita melihat data sosial ekonomi tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan, gini ratio, pendekatan terhadap distribusi pendapatan, indeks pembangunan manusia. Semua secara konsisten membaik. Kita enggak berlebihan kalau bilang kualitas ekonomi kita baik," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini