Menko Darmin: Penurunan Harga Tiket Pesawat Tidak di Semua Rute

Selasa, 25 Juni 2019 13:58 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menko Darmin: Penurunan Harga Tiket Pesawat Tidak di Semua Rute Menko Perekonomian Darmin Nasution. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengaku, masih menunggu laporan dari pihak maskapai terkait dengan penurunan tarif tiket pesawat penerbangan berbiaya murah atau LCC domestik. Pihaknya juga terus berkoordinasi baik dengan beberapa maskapai hingga operator bandara untuk penurunan tiket pesawat.

"Memang masing-masing sedang menghitung karena itu tidak hanya satu pihak. Itu Angkasa Pura berapa mikul bebannya, Pertamina berapa, kemudian maskapai berapa. Jadi mereka masih harus hitung-hitungan nih," kata Menko Darmin saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (25/6).

Menko Darmin mengatakan pihaknya sendiri telah memberi batas waktu satu minggu setelah kebijakan penurunan tiket LCC domestik beberapa waktu lalu. Dia pun berharap sudah ada beberapa laporan masuk dari maskapai terkait penurunan tiket.

"Dan kita waktunya memang kita berikan sampai dengan akhir minggu ini kan paling lambat satu Juli ya, katanya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menekankan ada beberapa yang mesti digaris bawahi oleh masyarakat terkait dengan penurunan tarif tiket pesawat. Sebab penurunan ini tidak bisa dilakukan di semua penerbangan udara, melainkan hanya beberapa penerbangan saja.

"Artinya gini, tidak semua turun loh, kesepakatan kita adalah karena waktu itu kan sudah diturunkan tapi tidak cukup tinggi, tidak cukup banyak turunnya. sehingga kesepakatannya adalah mereka harus menyediakan flight tertentu jam berapa misalnya, dia harus rendah, harus turun, yang lain dia tetap normal seperti yang sekarang," pungkasnya.

Sebelumnya Menko Darmin mengklaim sudah ada maskapai penerbangan yang menurunkan tarif tiket pesawat. Bahkan, dalam pekan ini satu per satu maskapai ditargetkan akan menurunkan tarif tiket.

"Jadi tunggu saja. Tapi dalam seminggu ini akan ada satu per satu," kata Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/6). [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini