Menko Darmin: Pandangan Industri Makin Baik ke Depan

Selasa, 16 April 2019 12:20 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menko Darmin: Pandangan Industri Makin Baik ke Depan Darmin Nasution. ©Humas Kemenko Perekonomian

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution turut berkomentar mengenai kondisi nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) yang dirilis Bank Indonesia. Menurutnya, secara tren memang kondisi PMI selalu menunjukkan kinerja yang baik.

"Indeks PMI itu memang kecenderungannya membaik di kita. Itu artinya PMI itu kan bagaimana industri melihat ke depan apakah membaik apa enggak. Kalau pakai PMI yang ada sekarang ini arahnya kita akan membaik pertumbuhan industrinya," katanya saat ditemui di ICE SCBD, Tanggerang, Senin (15/4).

Seperti diketahui, dikutip dari Bank Indonesia, kinerja sektor industri pengolahan berada pada level ekspansi pada kuartal I 2019. Hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI)-BI sebesar 52,65 persen dari hasil SKDU kuartal I-2019.

Hal itu untuk kegiatan usaha sektor industri pengolahan yang terindikasi meningkat dengan SBT sebesar 1 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan 0,32 persen pada kuartal IV 2018.

Peningkatan kinerja industri pengolahan didorong oleh kenaikan volume pesanan sejalan dengan peningkatan permintaan domestik, termasuk persiapan Ramadan dan Lebaran 2019.

Berdasarkan subsektor, ekspansi kinerja industri pengolahan terutama terjadi pada subsektor industri kertas dan barang cetakan dan industri makanan, minuman dan tembakau.

Kemudian, berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan kinerja sektor industri pengolahan pada kuartal I 2019 paling tinggi terjadi pada subsektor industri kertas dan barang cetakan dengan indeks sebesar 54,06 persen.

PMI-BI juga mengindikasikan kinerja subsektor industri makanan, minuman dan tembakau dan subsektor industri semen dan barang galian bukan logam berada pada fase ekspansing paling tinggi selanjutnya dengan indeks masing-masing sebesar 52,19 persen dan 50,53 persen.

Indikator volume produksi pada kuartal I 2019 berada pada fase ekspansi dengan indeks sebesar 53,49 persen. Pada kuartal II 2019, indeks volume produksi diperkirakan semakin ekspansif pada level 55,63 persen sejalan dengan optimisme peningkatan permintaan. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini