Menko Darmin Ingin Hutan HTI Bisa Jadi Agunan di Bank

Senin, 26 November 2018 14:52 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menko Darmin Ingin Hutan HTI Bisa Jadi Agunan di Bank Darmin Nasution. ©2018 Humas Kemenko Perekonomian

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution terus mendorong pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Tanah Air. Ini dilakukan agar industri pengolahan kayu panel di dapat kembali berkembang.

"Ya nanti kita selesaikan permasalah HTI dulu supaya dia bisa digunakan, dia bisa nanam sendiri. Potensinya ada di sana," kata Menko Darmin saat ditemui di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (26/11).

Terkait dengan pinjaman modal terhadap perbankan, hal itu hanya menyoal agunan. Artinya hanya soal kesepakatan saja antara industri dan pihak perbankan untuk pendanaan pembangunan tersebut.

"Itu kan soalnya bisa jadi agunan atau enggak, konkret ya itu begitu dan itu soal kesepakatan sebenarnya, ya mari kita bikin kesepakatan dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga bisa selesai dia," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Panel Kayu Indonesia (APKINDO), Martias menyatakan pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI) khususnya pada kayu pertukangan belum cukup berkembang.

Sebab HTI sendiri tidak mendapat pendanaan pinjaman dari perbankan. Oleh karenanya, para pelaku usaha kayu meminta agar prasyarat dalam meminjamkan kredit pada perbankan, dipermudah. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini