Menko Darmin blak-blakan jurus pemerintah majukan UKM lokal

Rabu, 4 Oktober 2017 12:16 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Menko Darmin blak-blakan jurus pemerintah majukan UKM lokal Darmin Nasution. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan toko ritel modern dan usaha kecil menengah (UKM) harus bersinergi. Hal ini agar UKM tidak makin terpinggirkan.

Maka dari itu, perlu ada aturan main supaya UKM tidak tergusur. Sebab, menurutnya, jika melihat dari produk yang dijual, tidak berbeda jauh.

"Kalau kita perhatikan packagingnya tidak begitu beda tapi tampilannya cukup baik. Menurut saya ada aturan main karena kalau tidak UKM kita tidak bisa berbuat apa-apa untuk masuk ke sana," kata Menko Darmin, di Museum Nasional, Jakarta, Rabu (4/10).

Hal tersebut juga telah dibicarakan dengan badan Standar Nasional (BSN) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bahwa perlu ada aturan-aturan mengenai UKM dan ritel modern.

Selain itu, kata dia, pihaknya telah melakukan rapat dengan Kementerian PU-PR dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) supaya setiap rest area terdapat UKM. "Kalau (ruas tol) yang belum, harus ada. Setiap jarak berapa harus ada pasar UKM tradisional," jelasnya.

Dia menambahkan, jika ingin bersinergi, toko ritel modern bisa menjual produk-produk UKM grosiran. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini