Menko Airlangga: UMKM Harus Didorong Go Digital, Pasarnya Jadi Lebih Luas

Jumat, 23 April 2021 20:45 Reporter : Aksara Bebey
Menko Airlangga: UMKM Harus Didorong Go Digital, Pasarnya Jadi Lebih Luas Menko Airlangga. ©2020 Foto: Lutfi/Humas Ekon

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi terus mendorong pelaku UMKM Tanah Air terhubung dengan digitalisasi. Saat ini, dari 60 juta pelaku UMKM, baru 13 persen yang terdigitilisasi.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut pemerintah juga memberikan stimulus bagi UMKM yang sudah terdigitalisasi. Tujuannya, mendorong pemulihan ekonomi nasional yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

"UMKM harus didorong menjadi go digital, sehingga pasarnya menjadi lebih luas," kata Airlangga Hartarto saat memberikan keynote speaker dalam webinar Transformasi Digital Menuju Indonesia Maju, Jumat (23/4).

Hingga akhir tahun 2020, pemerintah mencatat terdapat 11,7 juta UMKM yang on boarding. UMKM sendiri telah memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 61 persen dan mampu menyediakan 97 persen dari lapangan pekerjaan yang tersedia.

Dorongan dari pemerintah sangat penting dilakukan untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional secara umum, khususnya dalam pemberdayaan bisnis UMKM.

"Diharapkan pada tahun 2030 mendatang, jumlah UMKM yang go digital akan mencapai 30 juta" ujar Airlangga.

Untuk wilayah Jawa Barat, Airlangga mengatakan berdasarkan data Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi digital di Jawa Barat, termasuk penggunaannya, meningkat di atas 40 persen selama pandemi Covid 19.

Selain itu, menurut East Venture's Digital Competitiveness Index 2021, Jawa Barat menempati peringkat kedua sebagai daerah dengan daya saing digital terbaik di Indonesia, di bawah DKI Jakarta. Dia berpesan hal itu perlu terus ditingkatkan untuk memberikan manfaat pada seluruh elemen masyarakat khususnya dalam pemberdayaan UMKM. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini