Menko Airlangga: Proses Pemulihan Ekonomi Berada di Jalur yang Benar

Senin, 9 November 2020 18:28 Reporter : Sulaeman
Menko Airlangga: Proses Pemulihan Ekonomi Berada di Jalur yang Benar pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 terkontraksi minus 3,49 persen. Capaian tersebut lebih baik jika dibandingkan posisi pada kuartal II-2020 yang tercatat minus 5,32 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2020 telah menunjukkan adanya perbaikan kendati masih terkontraksi. Sehingga, Airlangga optimis proses pemulihan ekonomi nasional telah berada di jalur yang benar.

"Perekonomian kita sudah sampai dalam titik terendah atau dalam rock bottom. Di dalam triwulan ketiga kemarin kita terkontraksi sebesar 3,49 persen ini lebih baik dari triwulan kedua sebesar minus 5,32 persen," ujar Airlangga dalam acara peluncuran "Indonesia Fintech Society (IFSoc)", Senin (9/11).

Airlangga mengungkapkan, secara tahun ke tahun memang pertumbuhan ekonomi nasional masih minus. Namun, bila dilihat secara kuartalan maka terlihat bahwa ekonomi nasional mulai pulih.

"Kalau dari kuartal II ke III ada kenaikan 5 persen. Maka ini sudah masuk jalur positif sehingga di kuartal IV bisa positif," paparnya.

Pun, imbuh Airlangga, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia kini sudah lebih dari 84 persen. "Ini lebih baik dari pada rata-rata kesembuhan dunia yang mencapai 81,9 persen," terangnya.

Oleh karena itu, di kuartal IV tahun ini pemerintah akan lebih jor-joran dalam implementasi berbagai program akselerasi pemulihan ekonomi nasional.

"Di antaranya, mempertahankan tingkat konsumsi pemerintah, hingga memaksimalkan realisasi dana investasi lebih dari Rp205 triliun," tutupnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini