Menko Airlangga: Penumpang Angkutan Darat, Laut dan Udara Turun Selama Larangan Mudik

Rabu, 19 Mei 2021 15:45 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menko Airlangga: Penumpang Angkutan Darat, Laut dan Udara Turun Selama Larangan Mudik Menko Airlangga. ©2020 Foto: Lutfi/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, penumpang angkutan udara, laut dan darat turun drastis selama adanya larangan mudik Lebaran 2021. Hal tersebut berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah.

"Angkutan udara turun 93 persen, darat 87 persen, kereta api turun 84 persen. Penyeberangan turun 79 persen dan Angkutan laut turun 26 persen. Ini tentu kita melihat, dengan kebijakan ini keseluruhannnya turun 33 persen," katanya, Jakarta, Rabu (19/5).

Menko Airlangga menjelaskan, pemerintah sudah memprediksi sebelumnya akan ada 17 juta masyarakat yang melakukan mudik jika tidak dilarang. Namun dengan adanya kebijakan larangan mudik, hanya ada 1,5 juta mudik dan 1,1 juta mudik lokal.

"Terkait dengan kebijakan, pemerintah sudah mengambil kebijakan peniadaan mudik, tanpa peniadaan akan ada 17 juta pemudik, tapi karena ada program peniadaan mudik, penyekatan, itu bisa disekat di perjalanan dengan tes secara random dan dilakukan pengetesan di tempat tujuan, yang mudik sekitar 1,5 juta, keluar Jawa dan di Jawa 1,1 juta," jelasnya.

Menko Airlangga melanjutkan, pemerintah akan terus memperkuat imbauan protokol kesehatan demi menekan angka penularan Covid-19. Kebijakan tersebut akan diikuti oleh pemberlakuan PPKM Mikro dan mempersiapkan ketersediaan rumah sakit (RS).

"Kebijakan ini perlu kita tindaklanjuti 2 minggu ke depan, PPKM mikro perlu dipersiapkan, ketersediaan RS, RS di atas 50 persen itu hanya di beberapa tempat, yang jadi perhatian adalah Sumut, Riau, dan Kepri. Riau itu menerima PMI dari Malaysia dari Kaltim, Kaltara, Kalbar, Medan dan Juanda, itu menjadi perhatian. Dengan kegiatan tersebut, seluruhnya relatif lebih baik dari yang kita prediksikan sebelumnya," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini