Menko Airlangga: Penerima Manfaat Kartu Prakerja Didominasi Milenial

Rabu, 17 Juni 2020 22:08 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menko Airlangga: Penerima Manfaat Kartu Prakerja Didominasi Milenial Jokowi, Ida Fauziyah, Menko Airlangga Hartarto. ©Bondan/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pendaftar program Kartu Prakerja sampai 19 Mei 2020 sebesar 10,4 juta orang. Namun yang berhasil lulus dan memperoleh manfaat dari program ini sebanyak 680.918 orang dari 3 gelombang.

"Peminatnya luar biasa, 10,4 juta orang mendaftar dalam 3 minggu dan yang telah lulus dalam proses sebanyak 680.000 orang," kata Menko Airlangga dalam video konferensi di Jakarta, Rabu (17/6).

Berdasarkan profil penerima Kartu Prakerja, sebanyak 61 persen penerima manfaat adalah pria dan 39 persen wanita. Lalu dilihat dari rentang usia penerima manfaat yakni 25-35 tahun.

Sedangkan dilihat dari latar belakang pendidikan didominasi lulusan SMA. "Artinya kaum milenial ini yang memanfaatkan Kartu Prakerja," kata dia.

1 dari 1 halaman

Potong Rantai Penyebaran Corona Demi Setop PHK

penyebaran corona demi setop phk

Menko Airlangga menuturkan dalam kondisi saat ini yang perlu dilakukan adalah menekan angka PHK sebagai dampak dari pandemi corona. Sebab perekonomian Indonesia mengalami tekanan yang sangat berat, baik dari sisi ketersediaan maupun dari sisi daya beli masyarakat.

"Permasalahan pandemi ini yang harus dipotong mata rantai covid tapi hal yang tidak kalah penting memotong mata rantai PHK," kata dia.

Sehingga dengan kondisi ini masyarakat harus tetap bisa kerja. Bekerja dalam tatanan kenormalan baru. Tempat-tempat publik perlu dikawal oleh polisi dan TNI demi memastikan masyarakat disiplin.

"Protokol kesehatan baru kuncinya masker dan jaga jarak di tempat publik dan penyemprotan disinfektan," katanya mengakhiri.

[bim]

Baca juga:
Pelatihan Kartu Prakerja Harus Fokus Peningkatan Kompetensi & Sesuai Kebutuhan Kerja
Belum Bisa Dipastikan Kapan Pelatihan Tatap Muka Kartu Prakerja Dapat Dilakukan
Survei TNP2K: Peserta Kartu Prakerja 42,6 Persen Pengangguran Terdampak Corona
Pendaftaran Gelombang IV Kartu Prakerja Batal Dibuka Setelah Lebaran
Istana Soal Kartu Prakerja: Hanya 28 Persen Dana untuk Pelatihan, Sisanya Bansos
Golkar: Tak Semua Warga Suka Disuapi, Ada yang Mau Upskilling di Kartu Prakerja
Survei: Publik Butuh Sembako dan Bantuan Tunai, Bukan Pelatihan Online

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini