Menko Airlangga: Pemberian Diskon Pajak Mobil Baru untuk Dongkrak Industri Manufaktur

Selasa, 2 Maret 2021 16:15 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menko Airlangga: Pemberian Diskon Pajak Mobil Baru untuk Dongkrak Industri Manufaktur Ekspor mobil. ©2013 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Perekonomian Indonesia bergerak melemah karena tingkat konsumsi nasional terkontraksi. Sehingga, untuk bisa memulihkan keadaan, maka sektor manufaktur dan konsumsi perlu didorong.

Salah satu caranya yaitu dengan pemberian relaksasi PPnBM 0 persen atau diskon pajak untuk pembelian kendaraan bermotor. Alasannya, 57 persen perekonomian nasional disumbang dari konsumsi masyarakat.

"Ekonomi Indonesia 57 persen berdasarkan belanja konsumen dan sektor manufaktur menyumbang 20 persen ke PDB, jadi dua sektor ini yang penting," kata Airlangga dalam Webinar MNC Investor Group, Jakarta, Selasa (2/3).

Pemulihan ekonomi di sektor manufaktur kata Airlangga akan menghasilkan efek domino pada sektor lainnya di industri otomotif. Terlebih relaksasi yang diberikan untuk kendaraan dengan kapasitas kurang dari 1.500CC yang banyak digunakan masyarakat.

Pengadaan kendaraan jenis ini pun mencapai 90 persen dari produksi di dalam negeri. Menyerap tenaga kerja 1,5 juta orang secara langsung dan 4,5 juta tenaga kerja secara tidak langsung. Sehingga diharapkan adanya relaksasi pajak ini bisa mendorong permintaan penjualan kendaraan bermotor.

"Harapannya pemanfaatan relaksasi pajak bisa meningkatkan kapasitas produksi dan targetnya bisa memproduksi 1 juta unit per tahun," kata dia.

Produksi kendaraan otomotif ini juga bukan hanya untuk kebutuhan dalam negeri, melainkan juga untuk ekspor ke luar negeri. Sebab biaya produksi lebih rendah dari negara lain seperti Thailand.

"Biayanya lebih rendah jadi lebih kompetitif dengan negara lain seperti Thailand. Untuk itu kita perlu meningkatkan volume produksi dari sebelum masa pandemi Covid-19," kata dia mengakhiri. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini