Menko Airlangga: Fintech Pemain Penting dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan

Rabu, 11 November 2020 16:26 Reporter : Merdeka
Menko Airlangga: Fintech Pemain Penting dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan Menko Airlangga. ©2020 Tebe/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengakui bahwa teknologi finansial atau dikenal sebagai fintech memainkan peran besar dalam indeks inklusi keuangan. Melalui berbagai perkembangan fintech di Indonesia saat ini, Airlangga memproyesikan inklusi keuangan mencapai 90 persen tahun 2024.

"Di tahun 2019, inklusi keuangan kita sudah ada di angka 76 persen. Dengan berkembangnya fintech di Indonesia sebagai sektor yang kompetitif, kita prediksikan inklusi keuangan sebesar 90 persen di 2024 nanti," ujar Airlangga dalam acara Indonesia Fintech Summit 2020 pada Rabu (11/11).

Inklusi keuangan dinilai sangat penting, khususnya untuk memberikan dampak positif bagi stabilitas keuangan negara. Salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang adanya teknologi finansial. "Ke depannya, fintech akan menjadi pemain penting dalam meningkatkan indeks inklusi keuangan," kata Airlangga.

Langkah strategis yang telah dilakukan pemerintah adalah pemanfaatan teknologi dalam mengalokasikan dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Misalnya dari Program Keluarga Harapan, setiap bantuan dana ditransfer melalui akun rekening, sehingga ada kurang lebih 47 juta keluarga yang sudah memiliki akun rekening.

Upaya memanfaatkan teknologi finansial ini senada dengan proyeksi Termasek Bain yang memprediksi Indonesia akan menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di lingkup ASEAN. Ditambah lagi dengan potensi fintech yang diperkirakan nilainya akan lebih dari USD 150 miliar pada tahun 2025.

"Fintech merupakan sektor yang kompetitif di Indonesia. Kita ketahui ada 4 unicorn yang berbasis di Indonesia, bahkan ada 1 decacorn yang nilainya lebih dari USD 10 miliar." tambah Airlangga.

Baca Selanjutnya: Revolusi Industri...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini