Menko Airlangga: Dana Kartu Prakerja Rp5,6 Triliun Tak Hanya untuk Pelatihan Online

Rabu, 22 April 2020 22:03 Reporter : Merdeka
Menko Airlangga: Dana Kartu Prakerja Rp5,6 Triliun Tak Hanya untuk Pelatihan Online Menko Airlangga. ©2020 Tebe/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan anggaran Rp5,6 triliun yang digelontorkan dalam Kartu Prakerja tak hanya untuk pelatihan online atau daring selama pandemi virus corona (Covid-19). Setelah pandemi corona berakhir, maka pelatihan offline juga akan dilakukan.

"Ke depan, Prakerja tetap ada pelatihan yang online dan offline. Tentu tidak benar seluruhnya Rp5,6 triliun hanya diberikan pada mereka yang bekerja atau belajar online," jelas Airlangga dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Rabu (22/4).

Pemerintah telah menambah anggaran Kartu Prakerja yang mulanya Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun. Anggaran itu digunakan untuk memberikan insentif kepada penerima Kartu Prakerja yang masing-masing nominalnya Rp3,55 juta per orang.

Sebanyak Rp1 juta akan digunakan untuk program pelatihan. Sementara, sisanya akan diberikan kepada penerima Kartu Prakerja secara bertahap setelah program pelatihan selesai.

"Kartu Prakerja menjadi jaring pengaman sosial untuk mereka kehilangan pekerjaan," ucap Airlangga.

1 dari 1 halaman

Jaring Pengaman Sosial

sosial rev1

Menurut dia, Kartu Prakerja sebagai jaring pengaman sosial hanya bersifat sementara saja. Apabila situasi kembali normal, maka Kartu Prakerja akan kembali ke tujuan awal yakni peningkatan skill.

"Ketika situasi normal, akan kembali ke desain awal untuk reskilling dan upskilling," ujar Airlangga.

Dia menegaskan bahwa program pelatihan dalam Kartu Prakerja penting dilakukan. Dengan mengikuti program pelatihan online, pemerintah berharap para pemegang Kartu Prakerja dapat segera mendapat pekerjaan setelah masa pandemi corona berakhir.

Airlangga menuturkan, Kartu Prakerja saat ini diprioritaskan bagi mereka yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) imbas covid-19. Menurutnya, program ini merupakan bagian dari program jaring pengaman sosial yang bersifat sementara.

"Jadi setelah recovery, nanti para pekerja mendapat skill tambahan," kata dia. [idr]

Baca juga:
Ditutup Besok, 1 Juta Orang Sudah Daftar Kartu Prakerja Gelombang Dua
Menko Airlangga Tolak Usulan Dana Kartu Prakerja Dialihkan untuk BLT
Pemerintah Salurkan Rp596 Miliar untuk Peserta Program Kartu Prakerja Gelombang I
Peserta Program Kartu Prakerja Baru Bisa Gunakan Rp1 Juta untuk Pelatihan Kerja
Sebanyak 168.111 Orang Lolos Program Kartu Prakerja
ICW: Sudah Seharusnya Belva Syah Mundur dari Stafsus Presiden

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini