Menkeu Siapkan Tax Holiday Untuk Investasi Arab Saudi di Kilang Cilacap

Kamis, 18 April 2019 13:55 Reporter : Merdeka
Menkeu Siapkan Tax Holiday Untuk Investasi Arab Saudi di Kilang Cilacap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati soal investasi. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini menggelar rapat terbatas membahas tindak lanjut kunjungannya ke Arab Saudi. Selain soal kuota haji, salah satu topiknya adalah pembahasan investasi Arab Saudi di Indonesia.

Usai rapat terbatas, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan bahwa investasi Arab Saudi yang harus dipercepat adalah kerjasama antara Aramco dan PT Pertamina untuk kilang Cilacap.

Menurut Menteri Sri Mulyani, pembangunan kilang ini menjadi satu proyek strategis nasional karena secara jangka panjang mempengaruhi ketahanan energi Indonesia. Untuk itu, demi mempercepat realisasi, Menkeu bahkan siap memberikan fasilitas tax holiday.

"Kalau mereka sesuai kriteria, mereka pasti akan mendapatkan tax holiday. Memang ini bidang yang diprioritaskan oleh republik, memenuhi fasilitas tax holiday," kata Menteri Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/4).

Seperti diketahui, saat berada di Arab Saudi, Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Energi Kerajaan Arab Saudi Khalid Al Falih yang digelar di Royal Guest House, Riyadh.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kedua negara memang membicarakan kemungkinan tindak lanjut kerjasama antara Aramco dan PT Pertamina untuk kilang Cilacap.

Hingga saat ini kepastian investasi untuk proyek pengembangan kilang Cilacap saat ini masih belum jelas, meskipun Saudi Aramco jauh-jauh hari menyatakan ketertarikannya dalam proyek tersebut.

Saudi Aramco sendiri menyatakan siap investasi hingga USD 6 miliar dengan beberapa persyaratan, salah satunya adalah mendapatkan insentif seperti tax holiday, lahan, dan penyerahan aset ke anak perusahaan.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini