Menkeu Sebut Program PEN Berperan Pulihkan Ekonomi Nasional

Senin, 3 Mei 2021 17:47 Reporter : Merdeka
Menkeu Sebut Program PEN Berperan Pulihkan Ekonomi Nasional Menteri Keuangan Sri Mulyani rapat kerja dengan Komisi XI DPR. ©2021 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengungkapkan momentum penguatan kinerja ekonomi domestik didukung oleh program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Anggaran program ini, pada 2021, meningkat lebih dari 20 persen dibandingkan tahun lalu yaitu mencapai Rp 699,43 triliun.

"Program ini dengan fokus tetap pada penanganan pandemi Covid-19, mendukung masyarakat lewat bantuan sosial, dan dukungan terhadap UMKM dan dunia usaha, serta program-program sektoral strategis," kata Menteri Sri Mulyani dalam konferensi pers Hasil Rapat Berkala II KSSK Tahun 2021 pada Senin (3/5).

Dijelaskannya, program PEN ini terus mengalami penyempurnaan desain dalam implementasinya. Sehingga program ini dapat berjalan lebih cepat dan tepat sasaran, serta lebih efektif dalam mendorong perekonomian dan memulihkan daya beli masyarakat serta dunia usaha.

Fokus utama PEN tetap pada penanganan kesehatan, termasuk untuk mendukung program vaksinasi dan insentif tenaga kesehatan. Selain itu, penguatan reformasi struktural juga dilakukan untuk tetap membangun fondasi ekonomi secara kuat dan mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Baca Selanjutnya: Peran APBN...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini