Menkeu Dorong Optimalisasi Alokasi Transfer Daerah Pulihkan Ekonomi Imbas Corona

Jumat, 17 Juli 2020 15:37 Reporter : Merdeka
Menkeu Dorong Optimalisasi Alokasi Transfer Daerah Pulihkan Ekonomi Imbas Corona Menteri Sri Mulyani. ©2020 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, berpesan direktur Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang baru agar mampu menggunakan dana transfer daerah dengan baik. Harapannya untuk mentransformasikan pemerintah daerah dan memulihkan kondisi sosial ekonomi masyarakat imbas corona.

"Kita tahu sepertiga dari belanja kita adalah untuk transfer ke daerah, maka untuk menjadi institusi yang mampu menggunakan dana transfer sebagai instrumen mentransformasi pemerintah daerah di dalam rangka mereka bisa melayani masyarakat sangat penting," kata Menteri Sri Mulyani dalam pelantikan eselon II, secara virtual, Jumat (17/7).

Dia meminta pemerintah daerah bisa menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, dan mampu menciptakan kesempatan kerja dan lingkungan usaha yang baik, dan sebagai agen pembangunan yang efektif. "Tentu saya berharap untuk terus melakukan inovasi instrumen transfer ke daerah, sehingga mampu meningkatkan kapasitas keuangan daerah secara andal," katanya.

"Sebagai kepala kantor wilayah perbendaharaan, saya minta untuk terus melakukan secara aktif komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam suasana covid-19 ini. Kita ingin instrumen keuangan negara betul-betul dapat berfungsi secara tepat waktu, tepat sasaran dan tepat kualitas untuk memulihkan kembali kondisi sosial masyarakat dan ekonomi kita," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Sri Mulyani Lantik 10 Eselon...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini