Menjadi Plt Menkeu, Hatta tidak berhak buat kebijakan

Sabtu, 20 April 2013 18:30 Reporter : Sri Wiyanti
hatta rajasa. Merdeka.com

Merdeka.com - Penunjukan Hatta Rajasa menjadi pelaksana tugas (Plt) menteri keuangan mengejutkan banyak pihak. Mengingat Hatta Rajasa saat ini sudah menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian dengan tugas dan tanggung jawab yang sangat besar.

Wakil Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Harry Azhar Azis, mengatakan pengangkatan Hatta sebagai Plt menteri keuangan yang merupakan pejabat sementara, merupakan langkah yang sah dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kalau sebagai langkah sementara memang bisa-bisa saja Presiden lakukan sebelum mendapatkan Menkeu yang definitif," kata Harry kepada merdeka.com, Jakarta, Sabtu (20/4).

Namun, Harry mengingatkan selama menjadi Plt, Hatta tidak berhak membuat keputusan apapun yang berkaitan dengan tugas menteri keuangan. "Plt atau Ad Interim itu sama sekali tidak memiliki kewenangan policy cuma administratif saja, jadi tidak boleh ambil keputusan-keputusan penting di Kemenkeu," tegas Harry.

Ini artinya presiden terpaksa menyetop untuk sementara kinerja policy atau kebijakan di bidang fiskal selama menteri keuangan pengganti Agus Marto belum ditetapkan. Kebijakan yang tidak boleh disentuh oleh Hatta selama menjadi Plt menteri keuangan antara lain adalah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dan juga memutuskan kebijakan proyek, termasuk Jembatan Selat Sunda (JSS).

"(Kebijakan itu) PMK (peraturan menteri keuangan), (termasuk proyek Jembatan Selat Sunda) Ya," ungkap Harry.

Menurut Harry sosok yang layak menjadi menteri keuangan, selain bisa langsung menyesuaikan diri dengan tugas dan tanggung jawab sebagai Menkeu, juga harus pandai berkomunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak.

"Kalau itu syaratnya sederhana saja, ikuti UU, bisa komunikasi dan koordinasi. Siapa saja boleh," tutup Harry. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. Hatta Rajasa
  2. Agus DW Martowardojo
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini