Menhub Sebut Padatnya Arus Logistik di Tanjung Priok Imbas Kemacetan Terusan Suez

Kamis, 15 April 2021 16:45 Reporter : Merdeka
Menhub Sebut Padatnya Arus Logistik di Tanjung Priok Imbas Kemacetan Terusan Suez Budi Karya Sumadi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke New Priok Container Terminal (NPCT) 1 di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (15/4).

Dalam kunjungannya, Menhub menghadiri rapat bersama beberapa pemangku kepentingan untuk mengecek kesiapan NPCT 1 dalam menghadapi peningkatan arus lalu lintas kontainer.

"Memang beberapa waktu lalu terjadi satu penumpukan yang agak signifikan di Priok dan kami sudah minta kepada beberapa eselon I kami, BPTJ, Bu Polana, dan Dirjen untuk melakukan mitigasi," ujar Menhub saat ditemui di NPCT 1, Kamis (15/4).

Menhub menjelaskan, penyebab padatnya arus lalu lintas logistik di Tanjung Priok beberapa waktu lalu merupakan imbas dari adanya kemacetan di Terusan Suez.

Untuk mencegah hal yang sama terulang, pihaknya melakukan koordinasi melalui rapat bersama pemangku kepentingan mulai dari operator pelabuhan hingga asosiasi.

"Kami berharap dengan koordinasi dari semua stakeholder pelabuhan ini kita bisa perbaiki, bahkan kita inginkan bahwa logistik ini indeksnya makin baik," tandasnya.

Informasi saja, beberapa waktu lalu, video seorang supir truk sempat viral di media sosial. Dalam unggahannya, sang supir mengeluhkan kemacetan lalu lintas kontainer di pelabuhan Tanjung Priok gegara dibangunnya NPCT 1, Depot Duipa dan G Fortune.

Kemacetan ini dinilai sangat merugikan proses pengiriman barang baik dari segi materiil dan imateriil.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini