Menhub minta anak buah lembur layani arus balik libur Idul Adha

Senin, 4 September 2017 09:50 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Budi Karya Sumadi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada petugas bandara untuk bekerja lebih keras pada arus balik libur Idul Adha 2017. Hal ini karena di bandara-bandara seperti Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Bandara Juanda Surabaya, Bandara Adi Sumarmo Semarang, Bandara Ngurah Rai Bali, dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta berpotensi mengalami lonjakan jumlah penumpang pesawat.

"Di Bandara Soetta oleh Angkasa Pura II, dan bandara Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Ngurah Rai yang dikelola Angkasa Pura I walaupun jumlah penumpang relatif sama, tapi saya minta untuk stay lebih malam. Karena hari-hari libur seperti ini ada yang inisiatif pulang lebih awal, belum dapat tiket, layanan bagasi, taksi, ini harus diantisipasi," ujar Budi Karya di kantornya, Jakarta, Minggu (3/9).

Selain petugas bandara, hal yang sama juga diminta Menhub Budi kepada operator darat dan laut, termasuk Dinas Perhubungan setempat. Sebab, katanya, dalam kondisi libur panjang, tetap harus ada pengawasan.

Menhub Budi juga menyoroti masalah kecelakaan yang masih terjadi di jalan raya. Dia mengatakan, motor kontributor utama penyumbang angka kecelakaan angkanya mengalami penurunan.

Data dari Kakorlantas mencatat selama libur panjang Lebaran Idul Adha kecelakaan yang terjadi mencapai 315 kasus. Korban yang meninggal dunia tercatat sebanyak 72 orang. Jumlah ini turun dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai 1.470 kasus kecelakaan dengan korban meninggal 60 orang.

"Walaupun turun, tapi saya tetap prihatin kecelakaan masih terjadi. Motor jadi kontributor utama kecelakaan. Jadi ke depan, kami ingin memberi alternatif angkutan umum lebih banyak, sehingga cita-cita zero accident bisa tercapai," harap menhub. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini