KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Menhub Budi ungkap ini strategi pemerintah dongkrak program tol laut

Rabu, 9 November 2016 11:09 Reporter : Siti Nur Azzura
Budi Karya Sumadi. ©twitter.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pengembangan program Tol Laut di Indonesia sudah memberikan berbagai keuntungan bagi masyarakat. Seperti jumlah trayek kapal perintis pada 2016 mencapai 96 trayek dan trayek tol laut mencapai 6 trayek, sehingga mampu menurunkan disparitas harga antara Indonesia wilayah Timur dengan Barat.

Meski begitu, tantangan pengembangan program ini masih besar. Sehingga, pihaknya akan melakukan berbagai inisiasi untuk mendorong program tol laut.

"Seperti mengestimasi perilaku agrikultur, agar ada suatu daya dobrak dari wilayah Timur Indonesia untuk menghasilkan barang produktif yang bisa dibawa ke Barat Indonesia," kata Menteri Budi di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Rabu (9/11).

Kedua, dengan merevitalisasi pelabuhan, sebab banyak pelabuhan yang kurang optimal fungsinya. Sehingga, dia meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak swasta untuk merevitalisasi pelabuhan agar lebih energik dan menghasilkan nilai tambah bagi negara.

Ketiga, dengan melibatkan semua pelaku perkapalan agar setiap pekerja dalam sistem tol laut lebih produktif dan memberi nilai tambah bagi industri dan masyarakat. Sebab, di banyak kapal yang tidak dikelola dengan baik di Indonesia Timur, sehingga pemerintah harus mengambil alih agar lebih baik.

"Ada satu hal yang kami perjuangkan dimana proses pembelian kapal tidak dilakukan di departemen, tapi di swasta. Di mana kami minta izin departemen keuangan untuk memberikan kontrak lebih panjang antara 5-10 tahun agar galangan kapal bisa hidup, swasta beli dari galangan kapal sehingga kami tinggal memberi subsidi," imbuhnya. [bim]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.