Menhub Budi: Tol Laut Harus Dikembangkan, Trayek Sudah Kita Tambah

Senin, 21 September 2020 14:24 Reporter : Merdeka
Menhub Budi: Tol Laut Harus Dikembangkan, Trayek Sudah Kita Tambah Budi Karya Sumadi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan pentingnya tol laut sebagai program yang menghubungkan konektivitas di nusantara khususnya di Indonesia Timur.

Menurutnya, program ini harus terus dilanjutkan dengan pengembangan dan peningkatan kapasitas, yang tentunya didukung oleh sinergi dan kolaborasi antara seluruh pihak.

"Seiring kebutuhan masyarakat, tol laut harus mengalami peningkatan dan pengembangan. Trayek sudah kita tambah. Tentu tidak mungkin dilaksanakan tanpa koordinasi dan kerjasama dari stakeholder," ujar Menhub dalam Peluncuran Bedah Buku Tol Laut, Konektivitas Visi Poris Maritim Indonesia, Senin (21/9).

Menurut Menhub, sejak diluncurkan pada 2015 silam, tol laut memiliki fungsi untuk mengurangi disparitas harga bahan pangan di Indonesia Timur.

Ketika tol laut berjalan dengan lancar, maka akan terjadi keseimbangan antara wilayah barat Indonesia dan timur Indonesia. Menurut Menhub Budi, di satu sisi, harga barang di wilayah Timur menjadi sama murahnya seperti di wilayah Barat.

"Tapi kita beri kesempatan juga agar ikan, rumput laut, kayu bisa dibawa ke wilayah barat sehingga kita bisa manfaatkan ikan laut yang segar dan turut membangun ekonomi daerah Indonesia timur," katanya.

Baca Selanjutnya: Sinergi Perguruan Tinggi...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Budi Karya Sumadi
  3. Tol Laut
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini