Menhub Budi: Sektor Transportasi Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Jumat, 8 Oktober 2021 13:28 Reporter : Sulaeman
Menhub Budi: Sektor Transportasi Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Menhub Budi Karya. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sektor transportasi berperan penting sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Keberadaan infrastruktur transportasi juga memiliki peran sebagai pembuka isolasi wilayah sehingga mampu mendorong konektivitas.

"Transportasi merupakan pendorong pertumbuhan ekonomi dan tulang punggung proses distribusi barang maupun orang," kata Budi di Jakarta, Jumat (8/10).

Dia menjelaskan, infrastruktur transportasi menjadi salah satu aspek dalam meningkatkan daya saing produk nasional serta menopang perkembangan sebuah kota, seiring dengan urbanisasi yang terjadi di Indonesia.

Meski dalam kondisi pandemi COVID-19, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2021 mencapai 7 persen. Hal ini diraih berkat kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat untuk memulihkan perekonomian nasional, termasuk sektor transportasi.

"Pembangunan infrastruktur sektor transportasi dimaksudkan untuk meningkatkan konektivitas dan merangsang pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah Tanah Air. Dengan terjadinya konektivitas antar daerah diharapkan memacu pertumbuhan ekonomi, salah satunya karena membuat harga bahan pokok semakin terjangkau dan disparitas harga semakin terkendali," ujar Menhub.

Budi menambahkan, pembangunan infrastruktur transportasi bagian dari implementasi mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini ditandai dengan perluasan jangkauan alat transportasi di wilayah tanah air.

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk terus membangun infrastruktur transportasi. Termasuk dari daerah-daerah pinggiran untuk memperkuat kesatuan negara Republik Indonesia .

"Kemarin, kami ke Merauke luar biasa menjadi lumbung beras utama di daerah timur. Pembangunan infrastruktur merupakan syarat bagi pondasi perhubungan ekonomi nasional masa depan dan menjadi kunci penting dalam transportasi ekonomi nasional," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini