Menhub Budi Sebut Jutaan Sapi Asal NTT Sudah Diangkut Melalui Tol Laut

Senin, 24 Agustus 2020 13:11 Reporter : Sulaeman
Menhub Budi Sebut Jutaan Sapi Asal NTT Sudah Diangkut Melalui Tol Laut Kapal Perintis Tol Laut. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan menyadari jika Indonesia sebagai negara kepulauan masih dililit persoalan atas distribusi hewan ternak juga barang. Beruntung persoalan itu kini mulai terurai secara bertahap melalui optimalisasi tol laut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut manfaat ekonomi atas tol laut mulai dirasakan di sejumlah daerah. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah ada jutaan ekor sapi yang diangkut melalui tol laut untuk di distribusikan ke sejumlah wilayah di Tanah Air.

"Lewat tol laut, sudah mengangkut jutaan ternak sapi dari NTT ke Jatim dan Dumai Provinsi Riau. Sehingga potensi ekonomi di daerah semakin bertambah baik," jelas dia dalam webinar bertajuk Transportasi Untuk Merajut Keberagaman Melalui Moda Transportasi Laut, Senin (24/8).

Budi menambahkan, tol laut juga diupayakan mewujudkan disparitas harga bahan pokok, khususnya di wilayah 3T (terluar, terdepan dan tertinggal) sesuai instruksi Presiden Jokowi. "Sehingga tol laut bisa memastikan harga 9 bahan pokok bisa di jangkau oleh masyarakat," imbuh dia.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan optimalisasi tol laut dengan percepatan pembangunan sejumlah pelabuhan bersandar internasional.

Antara lain Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat, Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat, Pelabuhan Terpadu di Provinsi Maluku, Pelabuhan Gili Mas di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pelabuhan Seba di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan revitalisasi Pelabuhan Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Saat ini Kemenhub melalui Ditjen HubLa selalu melakukan optimalisasi tol laut untuk kemandirian maritim. Tol laut, saya pikir ide Pak Presiden yang luar biasa. Ini bukan hanya angkutan barang, namun juga angkutan ternak," terangnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini