Menhub Budi Pastikan Bandara New Yogyakarta Tidak Akan Sepi

Rabu, 24 April 2019 11:36 Reporter : Merdeka
Menhub Budi Pastikan Bandara New Yogyakarta Tidak Akan Sepi Menhub tinjau pembangunan New Yogyakarta International Airport. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung progres pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, Yogyakarta untuk memastikan rencana operasional terminal internasional pada akhir April 2019.

Dia merencanakan pesawat yang akan landing pertama kali di sekaligus meresmikan pengoperasian terminal internasional adalah pesawat kepresidenan. Hal ini juga pernah dilakukan saat pengoperasian Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat.

"Dengan progres yang sudah ada saat ini kita sedang usulkan Pak Presiden untuk adakan penerbangan pertama ke sini. Di mana waktunya iya harapkan minggu depan," kata Budi Karya di Kulon Progo, Rabu (24/4).

Dia menjelaskan, pembangunan NYIA ini merupakan bentuk komitmen pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pengembangan wisatawan ke wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, seperti salah satunya Borobudur.

Rencananya, bandara di Kulon Progo ini nantinya digunakan untuk penerbangan ke luar Pulau Jawa dan internasional. Dimulai akhir April, keseluruhan terminal dan fasilitas bandara lainnya dapat beroperasi penuh pada Desember 2019.

Budi juga menegaskan, nasib NYIA ini tak akan seperti Bandara Kertajati yang sampai sekarang jumlah penumpangnya belum maksimal. "Saya pikir bandara ini tidak akan sepi karena sudah diputuskan dua bandara akan operasi di mana kita langsung bagi sebagian sini sebagian sana," tegasnya.

Soal aksesibilitas dari bandara ke pusat kota Yogyakarta, ada beberapa opsi yang bisa dinikmati para penumpang. Pertama akses kereta api di mana saat ini bisa digunakan dari Stasiun Wojo yang lokasinya tidak jauh dari NYIA.

Kedua, nantinya akan disediakan Damri dengan rute NYIA-Terminal Giwangan, Yogyakarta. "Untuk kereta api nanti akan dibangun jalur langsung dari Tugu ke sini, waktunya hanya 45 menit," tandasnya.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini