Menhub Budi Minta Anies Baswedan Integrasikan Moda Angkutan Darat Jakarta

Jumat, 10 Januari 2020 11:26 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menhub Budi Minta Anies Baswedan Integrasikan Moda Angkutan Darat Jakarta Budi Karya Sumadi. ©2016 merdeka.com/mitra ramadhan

Merdeka.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengingatkan Pemprov DKI untuk segera mendesain akomodasi transportasi darat di Jakarta. Budi ingin Pemrov DKI mengintegrasikan angkutan seperti Kopaja, Angkot dan ojek online yang tidak bisa dikesampingkan.

"Tolong akomodasi ojek online karena secara de facto ini angkutan yang tidak bisa dikesampingkan (kehadirannya)," kata Budi di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (10/1).

Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT MRT Jakarta telah membuat perusahaan patungan yang bernama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek. Perusahaan ini akan mengelola dan menata 72 stasiun, termasuk kereta api bandara, dan kereta commuterline.

Rencana selanjutnya membangun stasiun terintegrasi ini akan menghasilkan kawasan Transit Oriented Development (TOD). Untuk itu, Menhub Budi meminta pada pihak terlibat untuk memberikan insentif.

Tujuannya untuk mengatur agar transportasi massal lebih maksimal saat beroperasi. "Seperti Dukuh Atas yang jadi sentral kita harus dorong untuk intensitas, juga di tempat-tempat lain," kata Budi.

1 dari 1 halaman

Pembangunan TOD Dilelang

Menhub Budi ingin di masa depan pembangunan TOD akan dilakukan pelelangan setengahnya. Lalu pemilik tanah juga bisa berkontribusi. Sehingga biaya angkutan massal akan lebih ringan.

Saat ini, PT KAI dalam sehari telah melayani 1,2 juta penumpang di wilayah Jabodetabek. Jumlah Ini baru 25 persen dari jumlah pengguna transportasi. Sebab idealnya 60 persen penduduk menggunakan transportasi umum massal.

"Ini jadi titik awal kita untuk sampai ke situ," tutup Budi. [idr]

Baca juga:
Perusahaan Patungan KAI-MRT Terbentuk, Anies Baswedan Puji Leadership Jokowi
Anies Baswedan dan Erick Thohir Kolaborasi Buat Perusahaan Patungan Transportasi
Anies Targetkan Jakarta Keluar dari 10 Besar Kota Termacet di Dunia
Pemprov DKI Audit Pompa Rusak
Dewi Tanjung dan Abu Janda Bakal Demo Anies di Balai Kota Soal Banjir

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini