Menhub Budi Menargetkan Harga Tiket Pesawat Turun Pekan Ini

Rabu, 13 Februari 2019 16:36 Reporter : Merdeka
Menhub Budi Menargetkan Harga Tiket Pesawat Turun Pekan Ini Budi Karya Sumadi. ©twitter.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) siang ini mengumpulkan sejumlah menteri untuk membahas mengenai harga avtur. Saat ini, avtur menjadi komponen tertinggi dalam biaya operasional maskapai penerbangan, bahkan mencapai 40 persen.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, jika harga avtur bisa lebih kompetitif maka secara tidak langsung akan mempengaruhi harga tiket maskapai. Dia pun menargetkan harga tiket pesawat bisa turun secepat mungkin.

"Diusahakan minggu ini (harga tiket pesawat turun)," tegas Budi Karya di Istana Kepresidenan, Rabu (13/2).

Budi Karya juga memastikan meski selama ini harga tiket pesawat dikeluhkan para penumpang, namun kenaikannya masih sesuai dengan koridor batas atas yang sudah diterapkan Kemenhub. Selain itu, pemerintah tidak bisa mengintervensi pasar maskapai penerbangan. Apa yang terjadi selama ini murni terbentuk karena pasar industri penerbangan itu sendiri.

Justru yang dilakukan pemerintah adalah memastikan industri maskapai tetap kompetitif, terus tumbuh dan harga tiket terjangkau oleh masyarakat.

"Jadi soal harga tiket ini tidak bisa diarahkan. Ini kan korporasi. Justru tidak boleh diarahkan. Berdasarkan kesadaran dan sensitivitas saja. Kita juga balance. Jadi kita pikirkan semuanya. Airlines dipikirkan, tapi masyarakat juga," tandas Budi.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini