Menhub Budi: Keselamatan di Bandara Halim Perdanakusuma Mengkhawatirkan

Selasa, 16 November 2021 20:00 Reporter : Merdeka
Menhub Budi: Keselamatan di Bandara Halim Perdanakusuma Mengkhawatirkan Bandara Halim Perdanakusuma. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi buka suara soal rencana penutupan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta. Menurutnya, memang ada beberapa indikator yang perlu dibenahi dari lapangan udara tersebut.

Salah satunya terkait kondisi sebagian landasan pacu (runway) yang bermasalah, sehingga mengganggu lalu lintas penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Jadi memang ada inisiatif melakukan revitalisasi, karena keselamatan di sana sangat mengkhawatirkan. Terutama runway sudah bermasalah kondisinya 30-40 persen," jelas Menhub Budi Karya di Rangkasbitung, Banten, Selasa (16/11).

Tak hanya itu, Bandara Halim Perdanakusuma dinilainya pun rentan terkena banjir yang kerap menerjang kawasan Pondok Gede dan sekitarnya.

Namun, Menhub Budi Karya tetap menanti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Bandara Halim Perdanakusuma, apakah bakal dilakukan revitalisasi atau malah ditutup.

"Banjir juga masalah. Jadi kita melakukan penyelamatan dari safety bandara itu, kita lakukan komunikasi dengan stakeholder, dan baru bisa usulkan ke presiden. Seperti apa skenarionya nanti diputuskan presiden," ujarnya.

Sebelumnya, sempat ada wacana Bandara Halim Perdanakusuma akan dilakukan penutupan secara parsial hingga penutupan total dalam beberapa waktu ke depan. Rencana ini tertuang dalam Risalah Rapat Koordinasi Operasional di Bandara Halim Perdanakusuma pada 1 November 2021 lalu.

Rencananya, bandara ini akan dipersiapkan mulai November 2021 hingga 9 bulan mendatang dengan konsep prepare for the worst atau persiapan kemungkinan terburuk.

"Apabila kemudian ditentukan menjadi penutupan parsial, atau bahkan tidak jadi ditutup total akan menjadi lebih mudah," tulis risalah rapat tersebut.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Menhub Budi Usung Konsep Anyar Pelabuhan untuk Tunjang Kinerja Tol Laut
Menhub Budi: Tumpahan Minyak Ganggu Transportasi Laut
Pemerintah akan Rumuskan Aturan Perjalanan saat Natal dan Tahun Baru
Pemerintah Jajaki Kerja Sama Sektor Transportasi dengan Korea Selatan
RI Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan Menteri Transportasi ASEAN di 2022
Potret Mesra Eks Menteri Tenaga Kerja Abdul Latief dan Istri, Terpaut Usia 35 Tahun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini