Menhub Budi: Kalau LRT Jabodebek Berhasil, Kota Besar Lain Menunggu

Senin, 11 November 2019 10:23 Reporter : Merdeka
Menhub Budi: Kalau LRT Jabodebek Berhasil, Kota Besar Lain Menunggu Menhu Budi Karya Sumadi. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) menargetkan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek tahap I dapat beroperasi pada Juni 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sendiri menuturkan, jika pembangunan proyek LRT Jabodebek ini berhasil, maka ini bisa jadi percontohan bagi kota-kota besar lainnya.

"Kalau ini kita berhasil disini maka kita bisa aplikasikan ke kota-kota lain. Bandung, Surabaya, Makassar itu sudah sudah menunggu," ujarnya di Jakarta, Senin (11/11).

Dia bercerita, ke depan proyek LRT Jabodebek tahap I dapat dijadikan alternatif moda transportasi bagi masyarakat di Indonesia.

Seperti diketahui, progres keseluruhan LRT Jabodebek sendiri per 1 November 2019 telah mencapai 67,3 persen yang terdiri dari jalur lintas Cawang-Cibubur 86,2 persen, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 58,3 persen dan lintas Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen.

"Dan ini (LRT Jabodebek) bisa jadi angkutan massal di Indonesia," jelas Menhub.

1 dari 2 halaman

Adhi Karya Gelar Pengecoran

PT Adhi Karya Tbk (ADHI) pagi ini melakukan pengecoran terakhir Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan untuk proyek LRT Jabodebek yang terletak di persimpangan Jl. HR Rasuna Said dan Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Direktur Utama ADHI, Budi Harto mengatakan, per 1 November 2019, progres keseluruhan LRT Jabodebek tahap I telah mencapai 67,3 persen yang terdiri dari jalur lintas Cawang-Cibubur 86,2 persen, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 58,3 persen dan lintas Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen.

"Semoga Juni 2021 proyek ini segera bisa dioperasikan," ujarnya

Dalam kegiatan ini, ADHI juga mencatatkan 2 rekor pada Museum Rekor Indonesia yaitu Rekor Jembatan Kereta Box Beton Lengkung dengan Bentang Terpanjang dan Radius Terkecil Indonesia serta kedua Rekor Pengujian Axial Statistic Loading Test pada Pondasi Bored Pile dengan Beban Terbesar di Indonesia.

2 dari 2 halaman

Proses Pengecoran Dihadiri Menteri

Proses pengecoran juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Menhub Budi melanjutkan, Indonesia patut berbangga hati atas prestasi anak bangsa untuk proyek ini. Dia bilang, dari segi struktur dan tingkat kesulitan, Adhi Karya merupakan teladan untuk pembangunan proyek.

"Selamat kepada Adhi atas prestasi yang membanggakan Indonesia ini," ujarnya.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Adhi Karya Gelar Pengecoran Terakhir Jembatan Lengkung Jalur LRT Jabodebek
Menhub Budi Beri Sinyal Harga Tiket LRT Tak Sampai Rp 12.000
Longspan LRT Cawang-Kuningan-Dukuh Atas Tersambung
LRT Bikin yang Jauh Merapat yang Dekat Makin Mendekat
Pembangunan LRT Selesai 2021, Menteri Sofyan Janji Lahan Depo Bekasi Segera Rampung

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini