Menhub Budi Beri Sinyal Harga Tiket LRT Tak Sampai Rp12.000

Senin, 11 November 2019 10:56 Reporter : Merdeka
Menhub Budi Beri Sinyal Harga Tiket LRT Tak Sampai Rp12.000 Menhub Budi Karya di Pengecoran LRT. ©2019 Liputan6.com/Bawono Yadika

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut bahwa tarif LRT Jabodebek tahap I berpeluang lebih murah lagi. Saat ini, tarif LRT Jabodebek dibanderol Rp12.000.

"Tarif sementara perhitungannya Rp12.000 tapi nanti kita melakukan suatu justifikasi menjelang operasional," tuturnya di Jakarta, Senin (11/11).

Menhub Budi menjelaskan, pihaknya masih melihat beberapa pertimbangan kemungkinan untuk tarif LRT Jabodebek tahap I dapat turun kembali.

"Pertimbangan bisa juga asumsi jumlah penumpang, atau kalau ada cost tertentu, atau sebaliknya ada pendapatan yang besar sehingga bisa diturunkan, nanti kita lihat justifikasinya pada akhir operasional," ujarnya.

Saat ini, progres keseluruhan LRT Jabodebek telah mencapai 67,3 persen yang terdiri dari jalur lintas Cawang-Cibubur 86,2 persen, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 58,3 persen dan lintas Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen.

Adapun pembangunan proyek LRT Jabodebek tahap I ditargetkan rampung dan dapat beroperasi pada bulan Juni 2021.

1 dari 1 halaman

Kota Lain Menunggu Pembangunan LRT

PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) menargetkan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek tahap I dapat beroperasi pada Juni 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sendiri menuturkan, jika pembangunan proyek LRT Jabodebek ini berhasil, maka ini bisa jadi percontohan bagi kota-kota besar lainnya.

"Kalau ini kita berhasil disini maka kita bisa aplikasikan ke kota-kota lain. Bandung, Surabaya, Makassar itu sudah sudah menunggu," ujarnya di Jakarta, Senin (11/11).

Dia bercerita, ke depan proyek LRT Jabodebek tahap I dapat dijadikan alternatif moda transportasi bagi masyarakat di Indonesia.

Seperti diketahui, progres keseluruhan LRT Jabodebek sendiri per 1 November 2019 telah mencapai 67,3 persen yang terdiri dari jalur lintas Cawang-Cibubur 86,2 persen, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 58,3 persen dan lintas Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen.

"Dan ini (LRT Jabodebek) bisa jadi angkutan massal di Indonesia," jelas Menhub. [idr]

Baca juga:
Menhub Budi: Kalau LRT Jabodebek Berhasil, Kota Besar Lain Menunggu
Adhi Karya Gelar Pengecoran Terakhir Jembatan Lengkung Jalur LRT Jabodebek
Longspan LRT Cawang-Kuningan-Dukuh Atas Tersambung
Pembangunan LRT Selesai 2021, Menteri Sofyan Janji Lahan Depo Bekasi Segera Rampung
LRT Bikin yang Jauh Merapat yang Dekat Makin Mendekat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini