Mengintip Aliran Harta Bos Facebook, dari Beli Properti Hingga untuk Amal

Senin, 26 April 2021 07:30 Reporter : Merdeka
Mengintip Aliran Harta Bos Facebook, dari Beli Properti Hingga untuk Amal CEO Facebook Mark Zuckerberg. REUTERS/Stringer

Merdeka.com - Mark Zuckerberg merupakan pemilik jaringan media sosial terbesar dunia, dari Facebook, Instagram hingga WhatsApp. Mark Zuckerberg termasuk salah satu orang paling kaya sejagat.

Dia mulai menapaki karirnya di daftar orang terkaya dunia setelah kesuksesan Facebook melantai di bursa saham New York pada Mei sembilan tahun silam.

Dikutip dari Business Insider, saat itu IPO Facebook dinobatkan sebagai yang terbesar dalam sejarah IPO perusahaan teknologi. Kekayaannya saat ini mencapai USD 110 miliar atau sekitar Rp1.595 triliun berdasarkan data Forbes 20 April 2021.

Setelah hampir dua dekade membawa Facebook merajai industri media sosial dan teknologi, uniknya Zuckerberg hanya meminta untuk digaji USD 1 atau sekitar Rp14.500 dalam setahun.

Meski kemudian diketahui Facebook menghabiskan lebih banyak uang untuk biaya keamanannya, hampir USD 23,4 juta.

Pandemi 2020 yang jadi berkah bagi banyak miliuner juga turut dirasakan Zuckerberg. Nilai kekayaannya berhasil menyentuh USD 100 miliar, nilai yang belum pernah dicapai sebelumnya.

Ini berkat peningkatan konsumsi media sosial selama pandemi, ditambah Instagram juga merilis fitur barunya, Reels untuk menandingi TikTok.

Sekalipun memiliki harta berlimpah, Mark Zuckerberg bersama istri dan dua putrinya terkenal dengan gaya hidupnya yang sederhana.

Pria yang akan berusia 37 tahun bulan depan ini sering kali bepergian dengan pakaian sederhana. Mengenakan atasan kaos dan beberapa kali memakai jaket serta jeans biasa, namun beberapa media mengungkap pakaian biasa itu memiliki harga yang jauh lebih mahal dari persepsi banyak orang.

Zuckerberg juga dikenal suka mengemudikan mobil yang relatif murah. Dia terlihat sering menggunakan Acura TSX dan Honda Fit, keduanya diketahui memiliki harga USD 30.000 atau sekitar Rp435 juta. Termasuk mobil lamanya, Volkswagen Golf GTI hitam yang dibeli saat pertama kali meraup untung.

Meski begitu, dia tetap tertarik untuk mengoleksi mobil mewah. Dia telah menghabiskan banyak uang untuk membeli satu mobil sport Pagani Huayra Italia yang dijual sekitar USD 1,3 juta atau sekitar Rp18,8 miliar.

Baca Selanjutnya: Beli Properti Mewah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini