Mengenal Special Drawing Rights, Dana Rp89,7 T dari IMF untuk Indonesia

Jumat, 10 September 2021 12:18 Reporter : Sulaeman
Mengenal Special Drawing Rights, Dana Rp89,7 T dari IMF untuk Indonesia IMF. africanliberty.org

Merdeka.com - Ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah menyatakan, jika suntikan Dana Moneter Internasional (IMF) melalui alokasi Special Drawing Rights (SDR) tidak akan membawa kerugian bagi Indonesia. Sebaliknya, dia meyakini dengan adanya SDR justru akan memberikan keuntungan bagi negara.

"Hanya ada keuntungan saja, tidak ada ruginya (SDR IMF)," ujar dia saat dihubungi Merdeka.com, Jumat (10/9).

Piter menjelaskan, SDR sendiri adalah hak tarik/meminjam dari anggota IMF. Sehingga ini adalah hak untuk berutang apabila diperlukan.

"Selama belum diperlukan dan belum ditarik, tidak masuk kategori utang," tegasnya.

Oleh karenanya, dia mengumpamakan SDR ini laiknya bantalan bagi perekonomian nasional di tengah ketidakpastian ekonomi global akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda.

Mengingat alokasi anggaran tersebut bertujuan untuk mendukung ketahanan dan stabilitas ekonomi global dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19, membangun kepercayaan pelaku ekonomi, dan juga untuk memperkuat cadangan devisa global.

"Ini kan kita dikasih bantal pengaman. kalau ada guncangan kita bisa segera menarik uang dari IMF. Jadi lebih aman untuk perekonomian kita," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Berbeda dengan Utang 98...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini