Menengok kecanggihan dan mewahnya LRT di Indonesia

Selasa, 26 Juni 2018 06:50 Reporter : Syifa Hanifah
Menengok kecanggihan dan mewahnya LRT di Indonesia lrt. ©2015 frohsz.de

Merdeka.com - Indonesia terus berbenah dalam menyiapkan transportasi massal untuk warganya. Salah satu yang sedang terus dikebut pengerjaannya yakni Light rail transit (LRT) Jabodebek dan LRT Palembang. LRT ini nantinya sebagai penunjang transportasi yang akan digunakan untuk ASIAN Games, Agustus tahun ini.

Dengan begitu, pembangunan LRT tidak main-main. Semua aspek dari teknologi sampai kenyamanan dan keamanan setara dengan kelas dunia. Penasaran dengan kecanggihan dan kemewahan dari LRT, merdeka.com merangkumnya sebagai berikut:

1 dari 3 halaman

Dilengkapi dengan teknologi canggih

teknologi canggih rev1lrt. ©2015 wikimedia.org

LRT Jabodebek yang nantinya mampu mengangkut penumpang mencapai 279 penumpang dalam satu gerbong kereta, tentunya banyak memiliki banyak keunggulan. Kereta LRT yang telah tiba di Jakarta ini merupakan kereta pertama di Jakarta dan Jawa yang menggunakan sistem third rail.

Direktur Utama Jakarta Propertindo Satya Heragandhi mengatakan dengan sistem ini, aliran listrik akan disalurkan melalui rel ketiga yang terhubung ke bagian bawah kereta. "Jadi enggak ada kabel-kabel di atas yang menjuntai tuh enggak ada," kata Satya.

2 dari 3 halaman

Badan kereta LRT berupa aluminium double skin

lrt berupa aluminium double skin rev1lrt. ©2015 frohsz.de

Bukan hanya di Jabodebek, LRT juga dibangun di Palembang, Sumatera Selatan. Yang bikin kagum, untuk LRT Palembang keretanya dibuat oleh BUMN yakni PT INKA. Awal April lalu telah dikirim sebanyak 4 trainset dan akan menjalani uji dinamis di lintas.

Selain menggunakan motor listrik sebagai penggerak, dilengkapi third rail sebagai sumber daya listrik serta menggunakan material carbody (badan kereta) berupa aluminium double skin atau ekstrusi. Dalam satu rangkaiannya terdapat 3 kereta dengan susunan 2 motor car atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan 1 kereta sebagai trailer car.

3 dari 3 halaman

Stasiun-stasiun LRT dengan fasilitas modern

lrt dengan fasilitas modern rev1LRT Kelapa Gading-Velodrome. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Light rail transit Jabodebek atau LRT Koridor I Fase Kelapa Gading – Velodrome dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang modern. Nantinya LRT Kelapa Gading - Velodrome memiliki enam stasiun layang, ini yang akan membuat penumpang nyaman dan aman tak kalah dengan negara-negara maju.

"Stasiun dilengkapi dengan lift, eskalator, dan fasilitas modern seperti yang digunakan di stasiun-stasiun MRT atau LRT luar negeri seperti sistem Automated Fare Collection dan Platform Screen Doors," kata Direktur Proyek LRT Jakarta Allan Tandiono beberapa waktu yang lalu. [has]

Baca juga:
Menko Luhut: Kasihan Pak Prabowo dapat info salah soal pembangunan LRT
Menhub Budi bantah pembangunan LRT Palembang lebih mahal dari pada negara lain
Tudingan-tudingan Prabowo yang bikin barisan Jokowi geram
Sandiaga tinjau proyek LRT jelang sertifikasi Kemenhub
Begini prospek terbaru pembangunan LRT Jabodebek

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini