Mendes Abdul Sebut Program Padat Karya Mampu Tekan Angka Kemiskinan di Desa

Selasa, 28 Juli 2020 13:46 Reporter : Merdeka
Mendes Abdul Sebut Program Padat Karya Mampu Tekan Angka Kemiskinan di Desa Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) mampu menekan angka kemiskinan di pedesaan. Program yang mulai dilaksanakan pada Januari 2020 ini, teruji menahan kemiskinan di 15 ribu desa.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), menunjukkan tingkat kemiskinan pedesaan turun 0,03 persen. Sementara kemiskinan perkotaan naik 0,69 persen.

"Satu kenyataan bahwa hasil yang menunjukkan penurunan kemiskinan di bulan maret 2020, dibanding bulan maret 2019. Rilis BPS terbaru itu, alhamdulillah pertambahan orang miskin di desa relatif kecil dibanding di kota," ujar Abdul Halim Iskandar dalam konferensi pers, Selasa (28/7).

Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri ini menjelaskan bahwa dana desa dengan pola PKTD ini cukup efisien, lantaran bisa menekan laju pertumbuhan penduduk miskin di desa. Lebih lanjut, sisa dana desa yang masih ada akan difokuskan untuk pemulihan ekonomi desa di semester II-2020.

"Setelah BLT ini sudah tertata semua, sampai dengan Desember 2020, kita fokus untuk dana desa yg masih tersedia di desa-desa, ada sekitar Rp 41 triliun. kurang lebih itu," imbuhnya.

"Kita akan berikan arahan penggunaan kepada desa dalam semester kedua ini. Agustus sampai Desember, digunakan semaksimal mungkin untuk padat karya tunai desa, dengan fokus pada pertumbuhan ekonomi desa," sambung dia.

Baca Selanjutnya: Program Padat Karya Tunai Serap...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini