KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Mendagri Tjahjo perintahkan kepala daerah mudahkan perizinan perumahan

Kamis, 14 September 2017 12:33 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Tjahjo Kumolo. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumulo, secara resmi membuka Indonesia Future City and REI Mega Expo 2017 yang diselenggarakan di Indonesia Convention and Exibition, BSD, Tanggerang Selatan, Banten.

Pada sambutannya, Menteri Tjahjo menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan swasta dalam pengembangan proyek infrastruktur dan perumahan. Khusus fasilitas perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"REI (pengusaha swasta) antara ada dan tiada. Tidak diperhatikan oleh pemerintah. Ini yang harus diperbaiki lagi. Kerja sama pemerintah dan swasta itu penting. Swasta sudah mau bangun tapi masih terkendala perizinan," ungkapnya di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (14/9).

Oleh karena itu, dia mengharapkan agar pemerintah daerah dapat mendukung proyek perumahan. Salah satu dukungan penting pemerintah daerah adalah dengan menyederhanakan proses perizinan pembangunan perumahan.

"Masih banyak yang harus dipenuhi, ini concern Pak Jokowi karena swasta harus lebih banyak dilibatkan," kata dia.

Dia juga meminta setiap pemerintah daerah turut aktif dalam mengembangkan iklim investasi di daerah masing-masing. "Harus jemput bola, tingkatkan investasi, beri kesempatan kepada swasta. Perlu dorong juga pembentukan PTST (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), tegas dia.

Sementara itu Ketua DPP Asosiasi Real Estate Indonesia (REI), Soelaeman Soemawinata mengakui masalah perizinan masih menjadi hambatan proyek pembangunan rumah MBR di daerah.

"Kami rapat internal memang keluhan (dari anggota), penyederhanaan perizinan rumah MBR. Kami juga pantau sudah banyak Walikota, Bupati terapkan itu dengan komitmen, tapi secara Perda kami belum temukan," tandasnya.

[bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.