Mendag sebut AS tunda sanksi dagang untuk Indonesia

Jumat, 24 Agustus 2018 14:50 Reporter : Dwi Aditya Putra
Mendag sebut AS tunda sanksi dagang untuk Indonesia Mendag Enggartiasto Lukita. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan bahwa Amerika Serikat telah memutuskan untuk menunda menjatuhkan sanksi dagang kepada Indonesia. Penundaan tersebut, setelah adanya proses negosiasi pemerintah Indonesia kepada AS.

"Dengan komunikasi yang kami buat, kemudian AS telah mengirim surat ke WTO untuk ditunda dulu. Artinya bagus dong," kata Enggar saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (24/8)

Meski begitu, Enggar mengaku belum mengetahui sampai kapan batas waktu penundaan tersebut. Dirinya memastikan, gugatan yang dilakukan AS sebesar USD 350 juta atau setara dengan Rp 5,04 triliun tidak dilanjutkan.

"Sekarang retaliasinya ya di-hold dulu lah," imbuh Enggar.

Enggar menambahkan, sejauh ini proses komunikasi antara Indonesia dan AS masih akan terus berlanjut. "Ini kan kita lagi proses, mereka akan ketemu sama kita," tambahnya.

Diketahui, Pemerintah Amerika Serikat menyiapkan sanksi dagang senilai USD 350 juta atau setara Rp 5,04 triliun kepada Indonesia. Langkah ini disiapkan, setelah AS memenangkan gugatan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), atas pembatasan impor produk-produk pertanian dan peternakan asal AS yang dilakukan pemerintah Indonesia. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini