Mendag Lutfi Dorong Jakarta jadi Kiblat Produk Halal Dunia

Kamis, 28 Oktober 2021 11:54 Reporter : Anggun P. Situmorang
Mendag Lutfi Dorong Jakarta jadi Kiblat Produk Halal Dunia syariah. shutterstock

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mengatakan, Jakarta harus menjadi kiblat fesyen muslim dunia. Hal ini seiring dengan jumlah pasar produk halal di Indonesia yang cukup besar.

"Kita harus menjadikan Jakarta sebagai kiblat fesyen islam dunia. 270 juta rakyat Indonesia sebagian besar adalah umat Islam," katanya, Jakarta, Kamis (28/10).

Selain menggarap fesyen, Mendag Lutfi ingin, memperluas penjualan pasar produk makanan dan minuman serta kosmetik. Dengan ini pasar industri halal akan berkembang dengan maksimal.

"Beberapa bulan ini kita ada dua yang mau kita kerjakan. Bagaimana membina industri halal? Apakah mamin, kosmetik dan industri lain. Ini akan kita garap," katanya.

Dia menambahkan, pengembangan produk halal bukan hanya karena agama. Tetapi ini adalah upaya menjadikan Indonesia negara yang dikenal dengan produknya.

"Bukan berati ini masalah Islam atau bukan Islam. Tetap ini adalah gimmick untuk menjual produk kita ke mancanegara ini bukan hanya jagoan lokal tetapi regional dan global," tandasnya.

2 dari 2 halaman

Presiden Jokowi Minta Semua Pihak Manfaatkan Pasar Produk Halal Dunia

minta semua pihak manfaatkan pasar produk halal dunia rev1

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi gelaran Trade Expo Indonesia ke-36 Digital Edition (TEI-DE). Tahun ini, Kementerian Perdagangan sebagai penyelenggara menghadirkan forum halal dan fashion muslim.

"Saya mengapresiasi TEI kali ini juga menghadirkan forum halal dan festival fashion muslim karena Indonesia berpotensi sebagai pusat industri halal dunia sekaligus kiblat industri fashion dunia," kata Presiden Jokowi, Jakarta, Kamis (21/10).

Presiden Jokowi menargetkan cita-cita tersebut dapat terwujud pada tahun 2024. Hal ini mengingat pasar halal dunia sangat besar. "Saya menargetkan dapat terwujud pada 2024," katanya.

Berdasarkan laporan state of Global Islamic 2020-2021 warga muslim dunia diperkirakan membelanjakan lebih dari USD2 triliun di sektor makanan, produk farmasi, kosmetik, fashion, serta rekreasi. Tentunya ini merupakan peluang yang harus kita manfaatkan.

"Bapak ibu telah membantu percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Mari kita bersama-sama berkontribusi pada pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," tandasnya.

Baca juga:
Pengeluaran untuk Produk Halal Capai USD2,4 Triliun di 2024
Ma'ruf Amin: Indonesia Harus Kerja Keras Merebut Pasar Global Industri Halal
Wapres: Global Halal Value Chain Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi
Presiden Jokowi Minta Semua Pihak Manfaatkan Pasar Produk Halal Dunia
Kosmetik dan Obat-obatan Wajib Kantongi Sertifikat Halal, Ini Tanggapan Pengusaha
Kewajiban Sertifikasi Produk Halal Dimulai, Kemenag Sasar 65 Juta Pelaku Usaha
Obat, Kosmetik, dan Barang Gunaan Wajib Kantongi Sertifikat Halal Mulai Hari Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini