Mendag Enggar soal pidato 'Game of Thrones' Jokowi: Sederhana, mengena, dan tajam

Jumat, 12 Oktober 2018 14:35 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. ©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengaku terkesan dengan pidato yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada 'Plenary Session IMF-World Bank'. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menggambarkan situasi perekonomian global laiknya serial televisi 'Game of Thrones'.

"Bagus banget ya? Tajam banget. That is Indonesian way, menyampaikan sesuatu tanpa menyebut dan menyinggung tapi dalam sekali artinya," kata dia, saat ditemui, di sela-sela acara IMF-World Bank Annual Meeting, Bali, Jumat (12/10).

Mendag Enggar mengatakan pidato Presiden Jokowi tidak hanya membuat dirinya terkesan, melainkan juga peserta lain yang hadir dalam plenary session tadi. "Kita lihat waktu ovation itu yang IMF itu, Lagarde dia yang pertama kali berdiri kan untuk memberikan standing ovation. Saya lihat dari belakang. Karena ilustrasi yang diberikan itu sangat mengena walaupun dengan sederhana, mengena dan tajam," jelasnya.

Politisi Nasdem ini mengaku, sebagai orang yang ada di dalam tim kerja presiden, maka dia sudah sangat akrab dengan gaya Presiden Jokowi yang kerap memberikan ilustrasi dalam menyampaikan penjelasan terkait kebijakan ataupun rencana pemerintah.

"Beliau berikan gambaran itu sangat detail yah. Beliau dalam pengalaman saya ini dia detail sekali dalam guidance dan sering sekali memberikan ilustrasi," ujar Mendag Enggar.

Sementara terkait ide pidato, Mendag Enggar yakin berasal dari Presiden Jokowi sendiri. "Saya percaya dalam banyak hal beliau sendiri idenya. Beliau apa yang beliau mau, dan dilakukan dengan berbagai ilustrasi itu," tandasnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini