Mendag Enggar Resmikan Gerai Pertama Fesyen Jepang Lumine di Indonesia

Jumat, 7 Desember 2018 13:07 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Mendag Enggar Resmikan Gerai Pertama Fesyen Jepang Lumine di Indonesia Lumine Resmi Buka Gerai Pertama di Indonesia. ©2018 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Lumine resmi membuka gerai pertamanya di Indonesia. Gerai shopping yang menjadi ciri khas Tokyo, Jepang tersebut tepatnya dibuka di Plaza Indonesia yang berlokasi di pusat kota Jakarta.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita yang menghadiri dan meresmikan gerai tersebut mengatakan bahwa di era sekarang ini kehadiran brand-brand dari luar perlu disambut hangat. Menurutnya, keberadaan atau eksistensi brand luar di dalam negeri sangat dibutuhkan karena mampu memberi kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi RI.

"Kehadiran brand luar yang sudah menjadi tren justru akan memberikan nilai tambah bagi pertumuhan ekonmi kita, dan kerja sama-kerja sama yang dilakukan seperti ini haruslah kita apresiasi dan kita dukung," kata Mendag Enggar dalam sambutannya, Jumat (7/12).

Mendag Enggar berharap kaum milenial yang tengah menggandrungi brand-brand fesyen luar tak perlu jauh-jauh lagi pergi ke luar negeri atau berbelanja online. "Lebih baik mereka melihat dan beli disini," ujarnya.

Selain itu, dengan hadirnya Lumine di Indonesia diharapkan dapat mampu mendorong pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di dalam negeri dengan cara menggaet mereka untuk mennjadi produsen atau supplier (pemasok) barang.

"Bagian dari global supply chain ini pasti mereka akan melihat production costnya (biaya produksi) kalau ini hanya diproduksi di luar, maka itu pasti akan lebih mahal," ujarnya.

Dia menjelaskan, nantinya UKM akan dirangkul dan diberi pelatihan mulai dari hal sederhana yaitu menjahit. "Mereka akan sudah mempertimbangkan untuk pembuatannya dilakukan di Indonesia, tapi mereka ingin tahu khusus dulu bagaimana penerimaan pasar dan kemudian beranjak dari sini bisa ekspor, itu adalah bagain dari global supply chain, sebab mereka ingin dulu keyakinan mengenai pasar itu sendiri. Di luar itu, ada hal lain yang saya bertemia kasih adalah mereka mempersiapkan untuk pelatihan mulai dari penjahit UKM kita yang akan menjadi bagian dari supply lumine itu sendiri," tutupnya.

Dalam kesempatan serupa, Yoshiaki Arai selaku Director & Advisor Lumine Co., Ltd mengungkapkan kerja sama seperti ini mempunyai keuntungan lain selain dari sisi bisnis, yaitu hubungan baik antar negara.

"Interaksi budaya seperti ini menjadi hal yang diperlukan untuk menjaga hubungan antar kedua negara. 15 pusat perbelanjaan di area metropolitan Tokyo dengan perempuan muda sebagai target utama. Melalui pembukaan store Lumine di Jakarta kami membawakan gaya hidup yang sedang in di Tokyo untuk orang-orang di Jakarta
20 brand baru untuk Indonesia, busana pria wanita, groceries dan cafe," ujarnya. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Kemendag
  2. Jakarta
  3. Enggartiasto Lukita
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini