Mendag Enggar Pastikan Indonesia Tak Masuk Jebakan Kelas Menengah

Selasa, 16 April 2019 13:19 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Mendag Enggar Pastikan Indonesia Tak Masuk Jebakan Kelas Menengah Enggartiasto Lukita. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menepis pernyataan bahwa Indonesia saat ini tengah berada dalam jebakan perangkap pendapatan menengah alias middle income trap.

Sebagai informasi, middle income trap adalah suatu keadaan ketika suatu negara berhasil mencapai tingkat pendapatan menengah, tetapi tidak dapat keluar dari tingkatan tersebut untuk menjadi negara maju.

"Saya tidak melihat bahwa kita masuk ke middle income trap. Kita lihat beberapa parameter yang ada, bagaimana pertumbuhannya," kata dia, di acara acara Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (16/4).

Enggar mengatakan, salah satu parameter yang dapat menjadi tolak ukur yakni pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 5 persen. Selain itu, inflasi berhasil ditekan di level yang rendah di kisaran 3 persen.

"Jangan lupa. Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan juga inflasi yang rendah menunjukan pertumbuhan yang berkualitas. Ada pertumbuhan ekonomi tinggi, tapi inflasi juga tinggi, dan itu tidak berkualitas," kata Enggar.

Kinerja perekonomian Indonesia, lanjut Enggar pun mendapatkan apresiasi dari lembaga-lembaga Internasional. "Sekarang kita seluruh dunia, seluruh Lembaga-lembaga yang ada memberikan apresiasi kepada pertumbuhan kita yang tinggi stabil. Tidak loncat-loncatan tapi inflasi juga loncat-loncatan," ungkapnya.

"Jadi berbagai parameter yang normal, itu tidak menunjukan kita masuk dalam middle income trap," tegas dia. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini