Mendag Enggar Pastikan Harga Cabai dan Bawang Putih Stabil di Bulan Ramadan

Jumat, 3 Mei 2019 14:54 Reporter : Supriatin
Mendag Enggar Pastikan Harga Cabai dan Bawang Putih Stabil di Bulan Ramadan Enggartiasto Lukita. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita memastikan harga sejumlah komoditas di pasar akan kembali stabil memasuki bulan Ramadan. Misalnya harga cabai dan bawang merah.

Ini disampaikan Enggar usai menghadiri rapat terbatas Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1440 H/2019 M di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (3/5).

"Aman. Tiada soal. Stok juga tersedia, harga juga," ucapnya.

Saat ini, harga bawang putih mendadak naik menjadi Rp 100.000 per kg. Padahal, sebelumnya bawang putih dihargai Rp 60.000-70.000 per kg.

Enggar menyebut, memasuki bulan Ramadan harga bawang putih akan turun menjadi Rp 70.000 per kg.

"Tadi juga sudah dilaporkan Rp 80.000 sudah masuk. Dan diperkirakan minggu depan masuk ke pasar. Jadi akan terjadi penurunan," kata dia.

Sementara persediaan beras di bulan Ramadan, Enggar mengatakan sudah aman. Tidak akan ada lonjakan harga beras selama umat Islam menjalankan ibadah puasa. "Jadi tidak ada masalah. Insya Allah lah kalau dari bahan pokok tidak ada kekhawatiran," ujarnya.

Senada dengan Enggar, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan persediaan bawang putih dan beras selama bulan Ramadan akan aman.

"Aman. Semua pangan Alhamdulillah aman, yang mengkhawatirkan kemarin cuma satu, bawang putih. Tapi kemarin sudah masuk 100 ribu ton," sebutnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini