Mendag Enggar bakal buka jalur ekspor langsung ke Laos

Selasa, 6 September 2016 10:34 Reporter : Syifa Hanifah
Mendag Enggar bakal buka jalur ekspor langsung ke Laos Enggartiasto Lukito. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemerintah menyatakan saat ini pengusaha Laos kerap mengimpor barang milik Indonesia dari Thailand. Kondisi ini membuat ongkos tinggi sehingga volume ekspor Indonesia ke negara tersebut tidak berkembang.

"Ini kan jadi hambatan, karena dengan harga yang tinggi itu, volumenya ekspor turun," ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita seperti dikutip dari laman Setkab usai menghadiri ASEAN Business and Investment, yang merupakan rangkaian dari penyelenggaraan KTT ASEAN, di Vientiane, Laos, Senin (5/9) malam.

Mendag melihat, Laos sebagai satu pasar yang masih sangat terbuka sekali. Selain itu juga, menurut Mendag, para pengusaha Laos itu minta dibuka akses langsung. Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan akan mengundang mereka pada kegiatan pameran atau expo yang diselenggarakan pada 12-16 Oktober mendatang.

"Tapi kalau ada hal yang mendesak kita undang mereka dan dengan KBRI kita, dan kita juga ada Atase Perdagangan dari Thailand, untuk cepat ke kantor kita ke Kantor Kementerian Perdagangan, di sana mempertemukan pengusaha-pengusaha dari Indonesia, para industriawan, supaya mereka bisa langsung (kalau impor, tidak melalui Thailand lagi). Maka dengan begitu, hubungan bilateral antara pengusaha bisa tercipta," kata Menteri Enggar. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini