Mendag Enggar Akui Ada Pelaku Usaha Sengaja Menaikkan Harga Saat Ramadan

Senin, 27 Mei 2019 16:03 Reporter : Dwi Aditya Putra
Mendag Enggar Akui Ada Pelaku Usaha Sengaja Menaikkan Harga Saat Ramadan Mendag Enggartiasto Lukita. ©2017 merdeka.com/Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengakui masih ada beberapa pelaku usaha yang kerap memanfaatkan momentum bulan Ramadan dan Lebaran untuk mencari keuntungan semata. Salah satunya yakni dengan cara menaikkan harga bahan pokok di tingkat masyarakat.

"Ada beberapa (pelaku usaha) yang memanfaatkan yang naikan harga," katanya saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (27/5).

Enggar mengatakan salah satu penyebab para pedagang dan pelaku usaha menaikkan harga lantaran permintaan pada saat Ramadan dan Lebaran sedang tinggi-tingginya. Sehingga, kondisi itu kerap dimanfaatkan sejumlah pedagang untuk mendapat keuntungan besar.

Dia pun berharap para pedagang dan pengusaha yang memanfaatkan momen bulan puasa untuk mencari keuntungan tinggi ini bisa segera sadar. Sebab, menurutnya bulan puasa harusnya dimanfaatkan untuk menebar kebaikan, bukan justru mencari untung besar.

"Kita doakan saja dosanya diampuni. Semoga tidak mengulangi lagi," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya akan melakukan pemantauan terhadap para pedagang yang menaikkan harga tersebut. Jika terbukti ada unsur kesengajaan melakukan kenaikan maka akan dilakukan tindakan.

Di sisi lain, Kemendag juga melepas beberapa jajaran Kementerian Perdagangan untuk melakukan blusukan ke pasar melakukan pemantauan harga di daerah. Jika ditemukan harga yang sangat tinggi, maka pemerintah siap mengeluarkan stok pangannya untuk operasi pasar.

"Ini adalah tahun ketiga dalam Bulan Suci Ramadhan jajaran kemendag turun langsung ke pasar, kita mempunyai dua catatan sejarah keberhasilan, ini adalah tahun ketiga dalam memasuki menjelang hari Lebaran kita langsung memantau ke pasar," pungkasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini