Mendag: China Masih Jadi Negara Tujuan Utama Ekspor Indonesia

Jumat, 16 April 2021 21:30 Reporter : Merdeka
Mendag: China Masih Jadi Negara Tujuan Utama Ekspor Indonesia Dubes Muhammad Lutfi. ©2014 merdeka.com/yulistyo pratomo

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, mencatat bahwa China masih menjadi tujuan utama ekspor Indonesia sepanjang 2020 hingga Maret 2021. Namun demikian, selain China masih ada 9 negara tujuan utama ekspor Indonesia.

"Kalau kita lihat di sini ini adalah China masih menjadi destinasi utama ekspor kita dan tetap nomor 1 dengan jumlah USD 1,75 miliar," kata Mendag dalam konferensi pers tentang Kinerja Perdagangan Bulan Maret 2021, Jumat (16/4).

Jika dilihat dari neraca perdagangannya, nilai ekspor Indonesia ke China masih lebih rendah dibanding impor. Namun jika dilihat lagi, defisitnya kini sudah mengalami perbaikan yang luar biasa.

"Jadi kalau yang sebelumnya pada Maret 2021 itu sudah turun dari minus USD 0,83 miliar pada bulan Februari, menjadi defisit USD 0,16 miliar pada Maret 2021," ujarnya,

Walaupun nilai ekspor terhadap China masih defisit, Mendag menyebut jika dibandingkan dengan rentetan bulan sebelumnya seperti Januari 2021 defisitnya USD 1,01 miliar, kemudian Februari menjadi defisit USD 0,83 miliar dan Maret 2021 berkurang menjadi USD 0,16 miliar saja.

"Penurunan defisit terhadap China itu sudah luar biasa, karena satu produk yaitu penjualan dari produk besi dan baja yang tumbuh lebih dari 60 persen tadi, menyebabkan penurunan defisit yang sangat tinggi," katanya.

Baca Selanjutnya: Amerika Serikat Jadi Negara Kedua...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini